Dari Unesa, Petualangan Tarwi Bersepeda Surabaya-Jakarta Dimulai

Dari Unesa, Petualangan Tarwi Bersepeda Surabaya-Jakarta Dimulai
(Start dari Unesa etape pertama Tarwi bersepeda Surabaya-Jakarta. Foto : TON/Rolasnews)
Rolasnews.com – Tepat di hari ulang tahunnya  yang ke-79, hari ini, Kamis (17/9), Tarwi memulai petualangannya bersepeda Surabaya-Jakarta. Mantan pebalap nasional itu berangkat sekitar pukul 6.30 dari Kantor Rektorat Universitas Surabaya di Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Pelepasan keberangkatan dilakukan oleh Rektor Unesa, Prof. Dr Nurhasan, Mkes, bersama bos PT BMKU (Barokah Mitra Karya Unggul), Gunawan Wibisono, serta dari Wakil Ketua Bidang Prestasi KONI Jatim, Prof I Made Sriundymahardika.
Pelepasan bersama rektor & sponsor
(Pelepasan keberangkatan oleh sponsor, Rektor Unesa dan Perwakilan KONI Jatim. Foto : TON/Rolasnews)

Dalam sambutannya, Rektor Unesa mengatakan apa yang dilakukan Tarwi merupakan sesuatu yang luar biasa dan patut menjadi teladan bagi siapa  saja, terutama kaum muda.

“Ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda bahwa usia tidak harus menjadi halangan jika kita hendak menggapai keinginan kita. Contohnya Bapak Tarwi ini. Di usianya yang genap 79 tahun ia tetap bertekad keras mewujudkan impiannya bersepeda Surabaya-Jakarta. Hebat,” ujar Nurhasan.

Read More

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk Pak Tarwi,” imbuhnya.

Sebelum pelepasan keberangkatan, secara simbolis dilakukan penyerahan jersey kepada Rektor Unesa, perwakilan KONI Jatim serta owner BMKU selaku sponsor perjalanan Tarwi bersepeda Surabaya-Jakarta yang bertemakan “Tour de Java is Back”.

Tarwi-Nurhasan
(Pemberian jersey merah putih kepada Rektor Unesa, Prof. Dr Nurhasan, Mkes. Foto : TON/Rolasnews)
Tarwi-Gunawan
(Pemberian jersey merah putih kepada sponsor bos PT BMKU, Gunawan Wibisono. Foto : TON/Rolasnews)

Sayangnya, tak terlihat perwakilan baik dari Pengprov ISSI Jatim maupun Pengko ISSI Surabaya. Padahal sebagai induk organisasi, Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) setidaknya dapat memberi sedikit perhatian dengan hadir saat itu mengingat Tarwi juga merupakan mantan atlet balap sepeda.

Tarwi dan pesepeda yang mengiringi
(Perjalanan Tarwi dari Surabaya diiringi komunitas gowes dan pebalap sepeda dari Kota Pahlawan. Foto : Tim dokumentasi /Rolasnews)

Sejumlah komunitas penggemar gowes, di antaranya Nggowes Nggedabrus (Alumni SMPN 12 Surabaya), Bukit Bambe Cycling  Community, Cycling Club Unesa, turut mengiringi keberangkatan Tarwi menggenjot sepeda United-nya menempuh jarak 1.100 km.

Tim Dokumentasi
(Kru dokumentasi tengah menunggu Tarwi melintas di depan Kantor DPRD Tuban. Foto : Tim dokumentasi/Rolasnews)

Bersimpati dengan Tekad Keras Tarwi, Pengusaha di Pandaan Bantu Dana

Meski sendirian mengayuh sepedanya menuju ibukota, namun sejatinya pebalap kelahiran Lamongan ini tidak benar-benar nggowes “sendirian”.

Pengiring beda
(Pengiring Tarwi selalu berbeda di setiap kota yang dilaluinya. Begitu pula saat memasuki Tuban. Foto : Tim dokumentasi/Rolasnews)

Di setiap kota yang dilaluinya selalu ada komunitas penggemar gowes atau klub balap sepeda yang menyambutnya secara estafet dan kemudian mengiringinya di perjalanan hingga sekian kilometer.

Hal itu terus berlangsung mulai dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Lasem hingga menjelang finish di Rembang.

Finish di Rembang
(Finish di Alun-alun Rembang. Foto : Yoko/Rolasnews)

Sesuai perkiraan, Tarwi mengakhiri etape pertama di Alun-alun Rembang sekitar pukul 14.45 atau sekitar 8 jam waktu tempuh. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.