Guru SDN Lowokwaru 4 Kota Malang Juarai Lomba Video Pembelajaran Kreatif Online

  • Whatsapp
Guru SDN Lowokwaru 4 Kota Malang Juarai Lomba Video Pembelajaran Kreatif Online
(Prof Fatchiyah, PhD menyerahkan hadiah kepada juara 1. Foto : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Tercatat ada 28 video diterima panitia lomba video pembelajaran kreatif online untuk para guru Sekolah Dasar (SD) se-Jawa Timur. Setelah melalui proses penilaian yang cukup ketat dari para juri, Nastiti Rahajeng, S.Pd. yang merupakan salah satu guru di SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang, akhirnya terpilih menjadi juara satu dalam lomba video yang digagas Pusat Studi Smart Molecule of Natural Genetics Resource (SMONAGENES) Universitas Brawijaya tersebut. 

Nastiti Rahajeng, mengaku sangat senang bisa mengikuti sekaligus memenangkan lomba video yang kali ini mengangkat tema ‘Pembelajaran Kreatif dalam Bidang Tematik IPA’.

Menurutnya, perlombaan tersebut merupakan sebuah kesempatan bagi para guru SD untuk menunjukkan kemampuannya dalam memproduksi video.

Read More

Link Banner
Nastiti Rahajeng
(Nastiti Rahajeng, juara 1 lomba video pembelajaran kreatif online.)

“Apalagi selama kondisi pandemi para guru dituntut untuk lebih kreatif, termasuk dalam membuat video yang menarik untuk menjelaskan pelajaran kepada para peserta didik,” ucapnya usai menerima hadiah di gedung Institut Biosains, Senin (2/11).

Terkait ide cerita dalam video tersebut, Nastiti mengaku terinspirasi dari skripsinya semasa kuliah yang meneliti  tentang materi peredaran darah.

“Dulu waktu SMA saya merasa kesulitan belajar tentang peredaran darah. Jadi saya tidak ingin anak didik saya merasakan kesulitan yang sama sehingga saya menuangkannya dalam sebuah skripsi. Dari situlah kemudian saya terinspirasi membuat video ini untuk mengikuti lomba,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Juri, Prof. Fatchiyah, Ph.D, menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria penilaian dalam menentukan pemenang lomba video pembelajaran kreatif online tersebut. Di antaranya kesesuaian video dengan tema lomba, kesesuaian durasi lama video yaitu antara 10-15 menit, menarik/tidaknya materi yang disampaikan, kreativitas kejelasan materi yang disampaikan, orisinalitas video, dan teknik pengambilan gambar.

“Ternyata dalam teknik pengambilan gambar, para guru ini sudah sangat pintar dan nampak sudah terbiasa. Sehingga pada poin penilaian ini, nilai mereka setara, tidak jauh berbeda. Ini yang kemudian membuat kami kesulitan menentukan juara ke-tiga,” ungkapnya.

“Akhirnya kita lihat jumlah like di chanel youtube siapa yang lebih banyak,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua Pusat Studi SMONAGENES, Anna Safitri, menyebutkan bahwa gelaran lomba video tersebut merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) SMONAGENES.

“Jika biasanya Pengmas dilakukan dengan langsung turun ke masyarakat, kali ini hal tersebut belum bisa dilakukan karena masih dalam kondisi pandemi. Dari situ kemudian kami punya ide untuk mengadakan lomba video tapi untuk guru SD,” terangnya.

Para pemenang selain mendapatkan hadiah uang tunai, juga mendapatkan sertifikat dan buku Nutrigenomik dari Prof. Fatchiyah, Ph.D,

“Kami berharap lomba ini bisa menjadi wadah bagi para guru untuk menyalurkan kreativitasnya,” pungkasnya.

Foto bersama para pemenang dengan anggota SMONAGENES
(Foto bersama para pemenang dengan anggota SMONAGENES. Foto : ANC/Rolasnews)

Siswa SKARIGA Malang Toreh Prestasi di Ajang LKS SMK Tingkat Nasional

Berikut nama-nama para pemenang lomba video pembelajaran kreatif online untuk para guru Sekolah Dasar (SD) se-Jawa Timur tahun 2020:

Juara 1: Nastiti Rahajeng, S.Pd. (SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang)

Juara 2: Fara Dita Nanda Istiqlalliyah, S.Pd ; Metania Dyah Cahyaningrum, S.Pd ; Febriana Yusiyanti, S.Si, S.Pd (SD Laboratorium UM Kota Malang)

Juara 3: Riska Mei Vikayanti, S.Pd dan Vebi Garnis Kusmarinda, S.Pd (SD ISLAM NURUL IZZAH, JL. Ki Ageng Gribig Gg 1 no. 30)

Juara Video Kreatif Favorit : drs. Deddy Hernanto (MIN 2 Kota Malang Jl. Kemantren II/26 Kec. Sukun Kota Malang) (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *