Rektor Unesa Acungi Jempol Tekad Tarwi

  • Whatsapp
Rektor Unesa Acungi Jempol Tekad Keras Tarwi
(Tarwi (tengah) bersama Rektor Unesa (kiri) dan Direktur Achilles SSFC Unesa Surabaya (kanan). Foto : Ist/ Staff SSFC)
Rolasnews.com – Sebelum menjalani tes fisik, Selasa (8/9), Tarwi sempat berbincang dengan Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan M. Kes, dan Direktur Achilles SSFC Unesa, Prof. Dr. Hari Setiono M. Kes. Dalam perbincangan yang berlangsung gayeng tersebut, Rektor Unesa sempat memuji tekad keras Tarwi bersepeda dari Surabaya menuju Jakarta.

Menurut Rektor Unesa, bersepeda jarak jauh untuk ukuran orang seusia Tarwi adalah sesuatu yang luar biasa. Apalagi rute perjalanan Surabaya-Jakarta yang berjarak lebih dari 1.100 km tersebut hanya ditempuh sekitar 10 hari, layaknya pebalap yang masih aktif.

“Hebat Pak Tarwi ini. Di usia yang ke-79 tahun masih memiliki tekad keras bersepeda dari Surabaya ke Jakarta,” kata Rektor Unesa, Nurhasan.

Read More

Ia menambahkan, apa yang dilakukan mantan pebalap nasional ini selayaknya menjadi inspirasi bagi generasi muda. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Pak Jokowi sendiri berpesan di saat pandemi seperti ini kita harus tetap produktif, dan Pak Tarwi bisa menjadi contohnya. Selain itu kita juga senantiasa harus menjaga protokol kesehatan,” kata Nurhasan.

Ketika menerima Tarwi di Unesa, Rektor beserta jajaran tetap menerapkan secara ketat aturan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh. Begitu pula saat menjalani tes kesehatan dan psikologis.

Dari hasil tes, secara fisik dan psikologis Tarwi dinyatakan tidak ada masalah. Bahkan fisik peraih emas cabang olahraga balap sepeda di PON VII tahun 1969 itu di atas rata-rata. Ia juga tak kalah dari mereka yang usianya beberapa puluh tahun di bawahnya.

“Sungguh hal yang langka,” puji Nurhasan.

Meski Anggap Agenda Pribadi, ISSI Jatim Support Tarwi Wujudkan Obsesinya

Sebagai informasi, rencana Tarwi bersepeda Surabaya-Jakarta akan dilakukan tepat di hari kelahirannya yang ke-79, tanggal 17 September mendatang. Jika tak ada perubahan, ia akan berangkat dari Unesa Surabaya tepat jam 6 pagi. Rute perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta akan dilakoninya melalui gabungan jalur utara dan selatan Pulau Jawa.

Sesuai jadwal, ia diperkirakan akan tiba di Jakarta tanggal 26 September. Dengan dua hari masa istirahat total, maka rata-rata dalam satu hari ia menggenjot sepedanya tak kurang dari 150 km. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *