Sambut Ramadhan, IKA Rolas 88 Gelar Pengajian

Sambut Ramadhan, IKA Rolas 88 Gelar Pengajian
(Pengajian IKA Rolas 88 menyambut Ramadhan, Minggu (11/4), di Malang. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya lulus tahun 1988 (IKA Rolas 88) menggelar pengajian di Malang. Dalam pengajian yang berlangsung Ahad (11/4) tersebut, bertindak sebagai penceramah adalah Dr. KH. Sudirman Nahrawi, M.Ag.

Dalam tausiahnya, KH. Sudirman Nahrawi mengingatkan tentang keutamaan berpuasa. Puasa sendiri dibagi antara yang sunnah dan wajib. Yang sunnah seperti puasa Daud (berselang seling satu hari puasa satu hari tidak), puasa mingguan (Senin dan Kamis), puasa bulanan (setiap tanggal 13, 14 dan 15 dalam penanggalan Qomariyah), hingga puasa tahunan (Ramadhan) yang hukumnya wajib.

“Apabila puasa-puasa yang lain hukumnya sunnah, maka yang tahunan ini wajib. Hal ini tegas dinyatakan dalam surah Al Baqarah ayat 183, yang bunyinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa wajib sebagimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” terang KH. Sudirman Nahrawi.

Read More

Pengajian IKA Rolas 88-1

Pengajian IKA Rolas 88-2
(Sumringah dapat kembali berkumpul untuk mengikuti siraman rohani. Photo Courtesy : Ist)

Karena wajib, ia menambahkan, tentu ada syarat-syaratnya. Di antaranya adalah Muslim, berakal sehat, baligh, kuat/mampu, suci dari nifas dan haid.

“Puasa Ramadhan ini panggilan kepada orang-orang yang beriman, Ya ayyuhallazina amanu. Artinya kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan ini secara khusus ditujukan untuk orang-orang yang beriman,” lanjutnya.

Meski demikian, ia menekankan puasa harus tetap dilakukan dengan sebaik-baiknya.

KH. Sudirman Nahrawi
(KH. Sudirman Nahrawi. Photo Courtesy : Ist)

“Jika sholat, haji, sedekah dan amalan-amalan lainnya untuk diri kita, tetapi beda dengan puasa. Puasa itu hanya untuk Allah SWT, sebagaimana firmannya “Puasa itu untuk-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya”. Kalau diibaratkan, puasa itu adalah hadiah untuk Allah. Namanya hadiah, maka tentu harus yang terbaik,” tutur KH. Nahrwai.

“Agar puasa kita sempurna, jangan ghibah, jangan misuh, jangan berdusta/bersaksi palsu, dan hal-hal yang dilarang lainnya saat berpuasa,” ucapnya.

Menikmati hidangan-1

Menikmati hidangan-2
(Menikmati hidangan. Photo Courtesy : Ist)

Dalam tausiahnya yang berlangsung santai tapi khidmat itu, pengasuh Ponpes Aswada Ulul Albab Malang ini juga mengajak rekan-rekan IKA Rolas 88 yang hadir untuk senantiasa menjaga ketaatan kepadaNya serta menjalin hubungan baik antar sesama, Habluminallah Habluminannas.

Santai usai pengajian
(Bersantai usai mendapat siraman rohani sebagai bekal menyambut Ramadhan. Photo Courtesy : Ist)

Segarkan Rohani, Ika Rolaz 88 Rutin Gelar Pengajian 2 Bulan Sekali

Sebagai catatan, pengajian IKA Rolas 88 rutin dilakukan dua bulan sekali dengan lokasi berpindah-pindah. Namun sejak merebaknya pandemi COVID-19, kegiatan kerohanian tersebut sempat vakum.

Pengajian yang berlangsung di Graha Kencana Utara II No. 3, Malang, Minggu (11/4), merupakan yang pertama kalinya kembali digelar sejak pandemi.

Selfie bareng
(“Kapan maneh iso selfie bareng”. Photo Courtesy : Ist)

Namun mengingat momennya yang sangat berdekatan dengan tradisi nyekar, silaturahmi antar keluarga serta tetek bengek persiapan menjelang bulan puasa, maka yang hadir di pengajian yang berlangsung di rumah salah seorang alumni, Ony Cristiana Dewi, hanya sebagian. Tetapi itu tetap tidak mengurangi hikmah dan manfaat dari kegiatan yang bersifat keagamaan tersebut. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment