Sedikit Canggung, Tarwi Jajal Virtual Challange

  • Whatsapp
Sedikit Canggung, Tarwi Jajal Virtual Challange
(Tarwi tengah menjajal sepeda virtual sebagai persiapan jelang “Tarwi 79th Virtual Challange 6 hours” Hari Sabtu, akhir pekan ini. Foto : TON/Rolasnews)
Rolasnews.com – Minggu pagi kemarin, Tarwi mencoba sensasi bersepeda virtual melalui aplikasi Zwift dengan smart trainer Wahoo. Karena untuk pertama kalinya menjajal virtual challange bersepeda layaknya bermain game ini, ia tampak sedikit canggung.

Bagi orang seperti Tarwi yang puluhan tahun terbiasa meluncur di jalanan dengan sepeda “sungguhan”, bisa dimaklumi jika ia awalnya sempat merasa kagok. Seperti misalnya, beberapa kali ia harus berhenti karena rute virtual yang dipilih dalam latihan saat itu terlalu menanjak. Padahal dalam kenyataannya, hal itu sangat jarang terjadi.

“Kalau di jalanan yang sebenarnya, berhenti total seperti tadi pasti jatuh saya. Karena tanpa bergerak, tidak ada lagi keseimbangan. Tapi berhubung pakai sepeda statis, ya cuma kecepatannya saja yang nol. Perlu penyesuaian dengan alat ini,” kata Tarwi usai menjajal bersepeda virtual di teras rumahnya di Jl. Ngagel Kebonsari II No 22, Surabaya.

Read More

Link Banner

Beruntung berkat pengalaman panjangnya di dunia balap sepeda, pria berusia 79 tahun itu dapat dengan cepat beradaptasi. Rute “London Loop” yang medannya cukup menantang karena diselingi dengan tanjakan berat, mampu ia selesaikan dalam tiga putaran dalam waktu hampir dua jam. Satu putaran di rute ini jaraknya sekitar 15 km dengan pendakian 722 per lapnya.

“Ini (rute) berat. Untuk minggu depan, kalau bisa dipilih yang tidak terlalu banyak menanjak. Yang datar-datar saja. Disesuaikan dengan usia saya,” ujar Tarwi ngos-ngosan.


Sebagai technical assistance, Puspita Mustika Adya, mengiyakan keinginan mantan mentornya di dunia balap sepeda itu. Ia sendiri mengakui rute “London Loop” kurang sesuai untuk virtual challange bagi Tarwi. Menurutnya, lebih baik rute yang dipilih relatif flat namun betul-betul menguji endurans si pembalap.

“Dari semua pilihan rute yang tersedia di Zwift, rute Watopia adalah yang paling datar. Sehingga cocok untuk orang seusia Abah,” kata Puspita yang terus mendampingi Tarwi saat menjajal sepeda virtualnya.

Batal dengan Unesa, Tarwi 79th Virtual Challenge 6 Hours Tetap Digelar

Sebagai informasi, tanggal 14 November 2020, Tarwi akan menggelar virtual challange selama 6 jam. Event yang berlangsung hari Sabtu tersebut, bakal dimulai tepat pukul 06.00 hingga pukul 12.00.

Flyer Tarwi Virtual ChallangeDalam ajang ini, tim bekerjasama dengan Zwift Indonesia sebagai penyedia aplikasi bersepeda secara virtual. Wahoo Kickr sebagai smart trainer juga meminjamkan 2 buah perangkatnya untuk event tersebut.

Selain live media selama challange berlangsung, “Tarwi 79th Virtual Challange 6 hours” juga akan diselang seling dengan live streaming dengan komunitas pesepeda virtual, dialog dengan wartawan olahraga serta interaktif dengan peserta challange. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *