25 Juni, Menara Eiffel Kembali Dibuka untuk Umum

25 Juni, Menara Eiffel Kembali Dibuka untuk Umum
(Warga melintas dengan background Menara Eiffel di kejauhan. Menara yang menjadi ikon Kota Paris, Perancis, itu akan kembali dibuka untuk umum tanggal 25 Juni mendatang. Foto : Teletrader)
Rolasnews.com – Eiffel Tower atau Menara Eiffel akan kembali dibuka untuk umum tanggal 25 Juni pekan depan. Salah satu tempat di Perancis yang paling banyak dikunjungi wisatawan itu sebelumnya sempat ditutup total lebih dari 3 bulan karena pandemi Corona.

Dalam website resminya, pengelola Menara Eiffel menyatakan pembukaan kembali menara besi berbobot 10 ribu ton yang menjadi ikon Kota Paris itu akan dibarengi dengan sejumlah aturan ketat. Di antaranya membatasi jumlah pengunjung dan mereka yang berusia di atas 11 tahun wajib mengenakan masker.

Selain itu, hanya disediakan tangga untuk mencapai puncaknya yang mencapai ketinggian 325 meter atau setara dengan bangunan konvensional 81 lantai. Lift untuk sementara tidak dioperasikan. Hal ini demi memastikan physical distancing antar pengunjung untuk meminimalisir resiko penyebaran virus.

Read More

“Demi menghindari pengunjung berpapasan di tangga, perjalanan naik dimulai dari pilar Timur dan turun di pilar Barat. Jumlah pengunjung pada saat bersamaan juga dibatasi per lantai,” jelas website resmi Menara Eiffel.

Untuk lantai teratas akan tetap ditutup. Namun kemungkinan akan kembali dibuka saat musim panas nanti. Setiap lantai akan diberi tanda untuk memastikan para pengunjung menjaga jarak satu sama lain. Juga akan dilakukan pembersihan setiap hari dan penyemprotan disinfektan ke ruang-ruang publik di Menara Eiffel.

“Kami sangat menyarankan agar para pengunjung melakukan pemesanan tiket masuk secara online untuk menghindari antrian di loket pembelian langsung,” demikian pernyataan pengelola Menara Eiffel.

Dinginnya Siberia Membuat Antartika Tak Ubahnya Pantai Tropis

Sebagai informasi, menara yang pembangunannya selesai di tahun 1889 itu menerima tak kurang dari 7 juta pengunjung setiap tahunnya. Sekitar tiga perempatnya adalah wisatawan mancanegara, sisanya adalah wisatawan domestik.

Di masa pandemi, industri pariwisata Perancis sangat terpukul. Apalagi dengan diterapkannya kebijakan lockdown yang memaksa ditutupnya hotel, restoran, museum dan teater.

Museum Louvre dan Istana Versailles yang juga banyak dikunjungi turis asing setelah Menara Eiffel, merasakan hal yang sama. Namun Istana Versailles sudah kembali dibuka akhir pekan lalu. Sementara Museum Louvre rencananya baru akan terbuka untuk umum tanggal 6 Juli mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.