Jengah, Hakim Perintahkan Pengacara Berpakaian Sopan Saat Sidang Via Media Daring

  • Whatsapp
Jengah, Hakim Perintahkan Pengacara Berpakaian Sopan Saat Sidang Via Media Daring
(Seorang hakim di Florida memerintahkan para pengacara berpakaian layak meski sidang pengadilan digelar online. Foto : Evening Standard)
Rolasnews.com – Seorang hakim di Florida, Amerika Serikat, mengeluarkan surat peringatan keras kepada para pengacara yang berada di distriknya. Dalam surat itu, sang hakim memerintahkan agar para pengacara berpakaian sopan kendati sidang dilakukan via media daring (internet).

Hakim Dennis Bailey dari Pengadilan Negeri Broward yang sudah beberapa kali menggelar sidang menggunakan aplikasi teleconference Zoom, melontarkan kekesalannya dengan kelakuan para pengacara di wilayah kerjanya.

Dalam sebuah surat yang diposting ke situs Weston Bar Association, Bailey mengungkapkan beraudiensi dalam sidang secara online bukan berarti lantas orang bisa bersikap semau-maunya. Sidang di pengadilan saat ini terpaksa digelar secara virtual demi menghentikan penyebaran pandemi COVID-19.

Read More

“Luar biasa (kelakuan) betul para pengacara ini. Mereka berpakaian seenaknya di depan kamera,” tulis Brailey.

“Banyak dari mereka yang hanya mengenakan kaos dan pakaian santai tanpa memperdulikan kepantasan. Latar belakangnya kamar tidur pula,” imbuhnya berang.

Brailey juga menyoroti seorang pengacara yang bertelanjang dada kala beraudiensi secara live. Atau pengacara wanita yang masih selimutan ketika berinteraksi di layar ponselnya saat sidang.

“Tolong perlakukan ruang pengadilan sebagaimana mestinya. Mau Zooming kek, atau tidak,” Brailey menulis dalam suratnya.

Baca Juga : Bandel, Turis Asing di India Wajib Menulis Permintaan Maaf 500 Kali Atas Pelanggaran Lockdown

Sang hakim menegaskan prosedur berpakaian sopan dalam pengadilan tetap wajib ditaati oleh para pengacara. Tak peduli di mana pun mereka berada.

“Saya ingin mereka (pengacara) bersikap sopan. Jika ingin dihormati, hormati juga orang lain. Pakai jins dan kaos oblong di sidang pengadilan, sungguh tidak produktif,” ketus Bailey.

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *