Ekstrak Brokoli Cegah Rambut Rontok

  • Whatsapp
Ekstrak Brokoli Cegah Rambut Rontok
(Brokoli. Credit: Getty Images)

Rolasnews.com – Tak hanya dalam bentuk sayuran, ekstrak brokoli ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mencegah rambut rontok.

Senyawa kimia dalam brokoli yang disebut sulforaphane (senyawa kaya sulfur pada sayuran) dapat meningkatkan jumlah helai rambut hingga 7 persen pada pria dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada kaum perempuan yang tengah berjuang mengatasi rambut rontok yang dikenal sebagai androgenic alopecia (AGA).

Read More

Demikian hasil penelitian yang dilakukan Gragem Co, Ltd., sebuah perusahaan asal Korea Selatan.

Para peneliti menguji pertumbuhan rambut para partisipan selama periode 18 minggu. Pada akhir periode, mereka mendapati gel prototipe menunjukkan perbaikan visual.

“Sulforaphane berpotensi menjadi kosmetik rambut yang sangat efektif untuk mengurangi kerontokan rambut akibat AGA,” kata salah seorang peneliti sebagaimana dilansir laman New Beauty.

Sementara pakar restorasi rambut AS, Dr. Craig Ziering, mengatakan bahwa sulforaphane juga ditemukan dalam sayuran lainnya seperti kubis dan kembang kol. Senyawa ini memang memiliki efek positif pada pasien dengan kondisi kerontokan rambut genetik.

“Perubahan dari testosteron menjadi DHT (hormon pemicu kebotakan) yang mengikat reseptor dan menciptakan miniaturisasi folikel, menjadi faktor kunci di balik kerontokan rambut AGA pada perempuan,” ujar Dr. Ziering.

Baca Juga :

Waspadai Bahan Berbahaya pada Produk Kosmetik ‘Long Lasting’

Ekstrak brokoli
(Ekstrak brokoli mudah ditemui di toko online.)

Ia menambahkan, menghalangi perubahan testosteron menjadi DHT akan meningkatkan fungsi zat alami yang dapat mengurangi perkembangan AGA.

Kendati senyawa ini efektif, Dr. Ziering menegaskan bahwa mengkonsumsi brokoli atau sayuran lainnya yang mengandung sulforaphane tidak serta merta mujarab untuk mengatasi kebotakan. Ada banyak hal lain yang harus dilakukan agar rambut tetap sehat dan tidak gampang rontok.

“Silahkan makan brokoli. Tetapi temui juga spesialis rambut Anda untuk program perawatan dan prosedur menyeluruh dalam menjaga kesehatan rambut,” jelasnya. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *