Nasbung untuk Pemulung dan Petugas Kebersihan di TPS

  • Whatsapp
Nasbung untuk Pemulung dan Petugas Kebersihan di TPS
(Nasbung bagi petugas DKP Kota Malang di TPS Sulfat Raya. Credit: TON/Rolasnews)

Rolasnews.com – Jika sebelumnya bagi-bagi nasi bungkus yang rutin dilakukan Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya Lulus 1988 (IKA Rolas 88) diberikan kepada para pencari nafkah di jalanan, ada yang sedikit berbeda kali ini. Sabtu (14/8) pagi, pembagian nasi bungkus lebih banyak didistribusikan untuk para pemulung dan petugas kebersihan di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Malang.

Beberapa TPS yang didatangi sukarelawan Rolas 88 untuk mendistribusikan nasi bungkus (nasbung) di antaranya adalah TPS Raya Sulfat, TPS Lowokwaru dan TPS Kotalama, Kota Malang.

Read More

Puluhan pemulung dan petugas kebersihan di TPS-TPS tersebut menyambut antusias nasbung yang dibagikan.

“Lumayan. Ga perlu tuku (beli) sarapan,” celetuk salah seorang pemulung.

Distribusi nasbung di TPS-1

Distribusi nasbung di TPS-2

Distribusi nasbung di TPS-3
(Mendistribusikan nasbung di beberapa TPS di Kota Malang. Credit: TON/Rolasnews)

Pemberian nasbung ini memang tak seberapa dibandingkan dengan kerja keras mereka yang setiap hari berjibaku membersihkan dan memilah-milah sampah yang tak henti-hentinya kita produksi. Namun setidaknya, itu merupakan bentuk apriesiasi Rolas 88 kepada mereka.

Meski demikian, tak seluruhnya nasbung diberikan kepada para pemulung dan petugas kebersihan di tempat pembuangan sampah. Tetap ada yang dibagikan kepada mereka yang mengais rejeki di jalanan seperti tukang becak, gelandangan, polisi cepek, pedagang kecil, dll.

Nasbung untuk tukang becak

Nasbung untuk gelandangan
(Nasbung untuk tukang becak dan gelandangan. Credit: TON/Rolasnews)

Baca Juga :

Kegiatan Sosial IKA Rolas 88 Sambangi Tuban

Sebagai informasi, bagi-bagi nasbung termasuk salah satu kegiatan sosial IKA Rolas 88. Selain Surabaya dan Malang, bagi-bagi nasbung terkadang dilakukan di kota-kota lain, seperti Jombang pada pertengahan bulan Juli lalu.

Tak hanya untuk masyarakat umum, kegiatan sosial ini juga ditujukan kepada para rekan alumni. Bahkan untuk para rekan alumni, khususnya yang paling parah terdampak pandemi, diberikan pula bantuan sembako secara bergiliran setiap satu bulan sekali.

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Rolas 88, dapat menyalurkannya melalui rekening BCA 8161253472 a/n Ony Cristiana Dewi (*)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *