Lek Dahlan, Berdonasi Lewat Karya Musik

Lek Dahlan, Berdonasi Lewat Karya Seni Musik
(Lek Dahlan alias Dahlan Effendi. Photo Courtesy : Ist/Dok Pri)
Rolasnews.com – Kalau Anda fans berat penyanyi Denny Caknan atau sekadar menyukai lagu-lagu berbahasa Jawa yang dilantunkannya, Anda pasti hafal beberapa karyanya. Seperti “Los Dol”, atau “Ndas Gerih”.

Nah, di belakang dua karya lagu yang ikut mempopulerkan nama penyanyi dari Madiun itu, ada sosok pencipta lagu bernama Lek Dahlan. Pria yang bernama asli Dahlan Efendi itulah si pencipta dua lagu tersebut.

Sepekan terakhir, sosok yang pernah menjadi wartawan di salah satu surat kabar lokal di wilayah Karesidenan Madiun itu sibuk menciptakan lagu baru. Namun bukan untuk dibawakannya sendiri atau yang akan dinyanyikan oleh Denny Caknan.

Read More

Tetapi, ia menciptakan lagu sebagai bagian upayanya mencari donasi untuk membangun tempat ibadah yang terletak tak jauh dari kediamannya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun.

“Hasilnya untuk membeli pendingin ruangan yang dipasang di mushola,” ungkapnya, ke rolasnews beberapa waktu lalu.

Ia juga menawarkan jasa membuat karya musiknya ini lewat akun-akun media sosialnya.

Baik itu promosi melalui status WhatsApp, ataupun melalui Story di akun Instagram-nya.

“Alhamdulillah, sudah ada satu orang yang memesan lagu kepada saya. Orang Indonesia yang di negeri Belanda saat ini,” sebut Lek Dahlan.

Pemesan yang tinggal di Amsterdam tersebut mengetahui donasi Lek Dahlan lewan Story Instagram. Orang yang enggan disebutkan identitasnya itu pun lalu mengirimkan direct message (DM) kemudian mengirimkan sejumlah uang setelah meminta lagu yang diinginkannya ke Lek Dahlan.

Lagu yang diminta tersebut bertema tentang pahitnya cinta jarak jauh, alias long distance relationship (LDR).

“Tentang dikhianati orang yang tercinta saat merantau, judulnya Ra Kurang Sayang,” terang pria berusia 34 tahun itu.

Konon untuk lagu yang juga akan diunggah melalui kanal YouTube milik Lek Dahlan itu bernilai donasi sekitar Rp 1 jutaan. Dengan estimasi harga pendingin ruangan antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta, Lek Dahlan optimistis donasinya ini bisa cepat terealisasi.

Lek Dahlan-2
(Demi melengkapi pendingin ruangan masjid di desanya, Lek Dahlan siap menerima pesanan membuatkan lagu. Photo Courtesy : Ist/Dok Pri)

Donasi dari seniman musik untuk tempat ibadah yang dilakukan Lek Dahlan ini patut jadi contoh. Apalagi bagi sesama seniman yang terdampak pandemi COVID-19 seperti saat ini. Sebab, ia tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi kepentingan umum yang juga terdampak pandemi.

“Cara lain ketika Anda tidak bisa memberikan apapun adalah bekerja sesuai kemampuan diri sendiri,” beber Lek Dahlan tentang salah satu alasan kenapa ia menciptakan karya musik yang didonasikan untuk tempat ibadah.

Bukan sekali ini saja ia menggalang donasi dengan statusnya sebagai seniman musik. Beberapa tahun lalu ia pernah menggalang dana untuk pembangunan masjid di Desa Dawu, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, desa kelahirannya.

Bedanya, waktu itu ia tidak perlu menulis lagu untuk mendapatkan donasi. Tapi, pengumpulan donasi yang dilakukannya adalah dengan meng-endorse status WhatsApp untuk mempromosikan lagu-lagu karya para seniman dari Madiun dan sekitarnya.

Total, ia bisa mendonasikan uang sebesar Rp 4 jutaan dari lima orang pendonasi. Salah satunya Bayu Oyonk, arranger lagu “Los Dol”.

“Hasilnya lumayan, rejeki saya juga ikut-ikutan mengalir,” kenangnya.

Baca Juga :

Museum Didi Kempot Rampung Akhir Tahun, Sobat Ambyar Monggo yang Ingin Berkunjung…

Karena hanya membantu promosi lagu, waktu itu ia hanya membutuhkan sehari untuk mengumpulkan uang donasi.

Lek Dahlan-3
(Bagi yang ingin dibuatkan lagu, bisa menjapri langsung. Photo Courtesy : Ist/Dok Pri)

“Sekarang, dalam waktu sejam saya sudah dapat menuntaskan lagu sesuai permintaan lirik dari pemesan,” sambungnya.

Lagu-lagu yang akan ia donasikan hasilnya ini termasuk dalam beberapa lagu karyanya. Kebetulan saat ini sedang menyiapkan karya baru yang akan dibawakannya sendiri dan diunggah lewat kanal YouTube miliknya.

Tak tanggung-tanggung, akan ada lima lagu baru karyanya yang akan dirilis dalam waktu dekat ini.

“Teruslah berkarya sampai orang tidak tahu apa karya Anda,” begitu pesan yang ingin disampaikan Lek Dahlan kepada seniman-seniman lainnya.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda berminat punya karya yang khusus dapat Anda bawakan sendiri dan mencantumkan nama Anda sebagai penciptanya? Tentunya plus-plus, yaitu plus mengejar pahala dengan berdonasi untuk pembangunan tempat ibadah.

Apabila Anda berminat, Anda pun dapat mengirimkan DM ke akun Instagram miliknya, @lek_dahlan. (YMP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.