5 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

  • Whatsapp
5 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula
(Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas outdoor yang sangat menyenangkan. Namun bagi pendaki pemula, beberapa hal musti dipersiapkan agar pengalaman pertama mendaki gunung tidak sampai menjadi mimpi buruk. Photo Courtesy : Freepik)
Rolasnews.com – Mendaki gunung adalah hal yang banyak diminati oleh banyak orang, bukan hanya komunitas pecinta alam saja. Pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk seolah memikat hati setiap orang. Karena itu mendaki gunung juga dapat menjadi alternatif wisata untuk menghilangkan stres.

Namun sebagai pemula kita seringkali bingung apa saja yang perlu di persiapan sebelum berangkat. Tak mau pendakian pertama kalian jadi memori buruk yang tak ingin di ulangi? Maka persiapkan semuanya dengan baik.

1. Olahraga

Read More

Olahraga sebelum mendaki gunung

Sebelum mendaki gunung baiknya kita melakukan olahraga untuk melatih fisik, pendakian adalah perjalanan panjang di alam terbuka tentunya sangat berbeda dengan perjalanan lainnya. Disarankan untuk olahraga minimal satu minggu sebelum berangkat, seperti jogging, angkat beban atau work out.

Tak mau di tengah perjalanan kita mendadak sakit atau bahkan pingsan kan? Yuk rajin-rajin olahraga sebelum berangkat.

2. Mengenal medan

Mengenal medan

Medan gunung satu dengan gunung yang lain tentunya sangat berbeda, hal ini tak bisa di ukur dengan ketinggian gunung tersebut, ada kalanya gunung dengan ketinggian biasa namun memiliki medan yang sulit ditaklukkan para pemula.

Maka dari itu kenali medan gunung yang akan dituju. Bisa menanyakan pada orang yang sudah pernah melaluinya. Cari gunung dengan medan yang mudah terlebih dahulu untuk memulai.

3. Pilih teman

Teman mendaki

Kenapa pilih teman itu penting? Mendaki gunung adalah suatu kegitan kelompok, jadi kita harus benar-benar memastikan bahwa anggota kelompok kita kompak dari awal hingga akhir.

Jangan sampai teman kita atau bahkan kita sendiri egois. Meninggalkan atau memaksakan teman yang sudah tidak kuat berjalan akan memperburuk perjalanan. Bergabunglah dengan kelompok yang salah satu anggotanya sudah pernah mendaki gunung yang akan dituju, sehingga kelompok tidak benar-benar ‘buta’ diperjalanan.

Jika tidak menemukan kelompok tersebut maka jangan segan-segan untuk memakai jasa pemandu.

4 Barang Wajib untuk Dibawa Saat Bersepeda di Tengah Pandemi

4. Persiapkan perlengkapan

Perlengkapan

Perlengkapan disini di bagi menjadi dua, perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Sebagai pemula kadang menggantungkan perlengkapan pribadi pada temannya atau bahkan menyepelekan perlengkapan tersebut. Hal itu akan sangat menyusahkan saat melakukan perjalanan.

Pastikan membawa perlengkapan pribadi sendiri jangan sepelekan hal-hal kecil seperti kelayakan sepatu, tas, lotion anti serangga dan lain-lain. Setelah memastikan perlengkapan pribadi aman, selanjutnya pastikan perlengkapan kelompok, seperti tenda, kompor dan lainnya. Jangan sungkan untuk bertanya dan membagi tugas sesama anggota kelompok.

5. Jaga kebersihan

Jaga kebersihan gunung

Menjaga kebersihan adalah hal penting yang harus ditekankan pada mendaki gunung, jangan sampai teman-teman meninggalkan sampah.

Persiapkan plastik sampah sebelum naik, tak mau kan jika gunung dengan pesona alamnya tercemari oleh ribuan sampah akibat ulah pendaki tidak bertanggung jawab. (FKN)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *