ITS Terima 11.071 Berkas Pendaftar SNMPTN 2021

ITS Terima 11.071 Berkas Pendaftar SNMPTN 2021
Rolasnews.com – Masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021 resmi ditutup, Rabu (24/2), pukul 15.00. Pada tahap ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tercatat telah menerima sebanyak 11.071 berkas pendaftar SNMPTN yang terdiri dari 10.650 siswa peminatan sains dan teknologi (saintek) serta 421 siswa peminatan sosial dan humaniora (soshum).

Direktur Pendidikan ITS Dr Siti Machmudah ST MEng menyampaikan, pada pendaftaran SNMPTN di ITS tahun 2021 ini Program Studi (prodi) dengan peminat tertinggi jatuh kepada Departemen Teknik Informatika.

“Masih sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya, Teknik Informatika memiliki peminat yang cukup banyak,” ungkapnya.

Read More

Perempuan yang akrab disapa Machmudah ini pun melanjutkan, prodi dengan peminat terbanyak selanjutnya adalah Departemen Sistem Informasi yang kemudian disusul dengan Departemen Teknik Elektro pada urutan ketiga.

Ketiga departemen tersebut berasal dari fakultas yang sama, yakni Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS.

Sedangkan pada posisi keempat adalah Departemen Teknik Sistem dan Industri, serta Departemen Teknik Mesin pada urutan kelima yang sama-sama berasal dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS.

Siti Machmudah, Direktur Pendidikan ITS
(Dr Eng Siti Machmudah ST MEng, Direktur Pendidikan ITS. Photo Courtesy : Ist/Humas ITS)

“Untuk prodi-prodi dengan peminat terbanyak pada tahun ini kebetulan semuanya ada di rumpun saintek,” imbuh Machmudah.

Seperti yang diketahui bahwa tak hanya prodi bagi siswa peminatan saintek, ITS juga membuka prodi bagi siswa peminatan soshum. Untuk rumpun ini, Departemen Manajemen Bisnis menjadi prodi dengan peminat terbanyak, yang kemudian disusul Departemen Studi Pembangunan untuk urutan kedua.

“Kedua prodi tersebut merupakan prodi di bawah Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) atau Creabiz ITS,” terang Machmudah lagi.

Berikan Pemahaman, Universitas Brawijaya Sosialisasikan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Setelah pendaftaran ditutup dan siswa telah usai melakukan finalisasi pendaftaran, tim selektor SNMPTN ITS yang terdiri atas Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Sekretaris Institut (Sekits), Direktur Pendidikan dan Kepala Sudirektorat (Kasubdit) ITS akan melakukan seleksi terhadap berkas para pendaftar.

Dosen Departemen Teknik Kimia ITS tersebut menjelaskan, pertimbangan utama yang digunakan oleh tim selektor dalam memilih siswa yang lolos jalur SNMPTN terletak pada riwayat prestasi siswa, rekam jejak Sekolah Menengah Atas (SMA) mereka, dan juga nilai rapor masing-masing. ITS bakal menerima sebanyak 1.194 siswa melalui jalur ini.

Machmudah berpesan kepada seluruh calon mahasiswa kampus pahlawan ini untuk senantiasa berdoa untuk hasil yang terbaik.

“Tentunya tidak perlu patah semangat jika belum diterima melalui jalur SNMPTN, karena masih ada kesempatan menjadi mahasiswa ITS melalui jalur-jalur lain,” tandasnya menyemangati. (TON/HUMITS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *