Berikan Pemahaman, Universitas Brawijaya Sosialisasikan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

  • Whatsapp
Berikan Pemahaman, Universitas Brawijaya Sosialisasikan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru 2021
(Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di UB 2021 melalui aplikasi zoom. Photo Courtesy : Ist/Zoom)
Rolasnews.com – Universitas Brawijaya (UB) kembali menyelenggarakan Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, Mandiri dan Vokasi guna memudahkan calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (20/1/2021) melalui aplikasi zoom meeting tersebut diikuti oleh 340 kepala sekolah dan guru BK SMA/SMK/MA/MAK baik negeri maupun swasta di Jawa Timur.

Kasub Koordinator Kearsipan dan Humas UB, Kotok Gurito SE menyebutkan, ada tiga jalur seleksi yang bisa ditempuh calon mahasiswa agar bisa masuk ke perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan seleksi mandiri.

Read More

“Khusus untuk seleksi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN ditangani langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN). Sementara seleksi mandiri ditangani masing-masing perguruan tinggi, termasuk UB,” jelasnya.

Menurutnya, pada sistem LTMPT menegaskan adanya Single Sign On (SSO), dimana setiap peserta sekolah dan calon peserta harus melakukan registrasi di sistem LTMPT melalui website resmi LTMPT. Mulai dari pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) oleh sekolah, melakukan pendaftaran SNMPTN dan juga mendaftar UTBK SBMPTN.

Sesuai informasi yang terdapat di laman ltmpt.ac.id, registrasi akun LTMPT SNMPTN sudah bisa dilakukan mulai 4 Januari 2021 – 1 Febuari 2021. Penetapan siswa eligible oleh sekolah 04 Januari 2021 – 8 Februari 2021, serta pengisian PDSS 11 Januari 2021- 8 Febuari 2021.

Sedangkan pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan pada tanggal 15 – 24 Febuari 2021 dan hasil seleksi SNMPTN diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021.

Sementara untuk registrasi akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN dimulai 7 Febuari – 12 Maret 2021, dan untuk pendaftaran UTBK- SBMPTN dibuka 15 Maret – 1 April 2021.

“Pelaksanaan UTBK dilakukan dua gelombang, yakni gelombang 1 pada tanggal 12 – 18 April 2021 dan gelombang 2 dilaksanakan tanggal 26 April – 2 Mei 2021. Kemudian hasil jalur SBMPTN akaj diumumkan 14 Juni 2021,” terangnya.

Sedangkan pendaftaran dan seleksi mandiri dan Vokasi UB biasanya diselenggarakan setelah hasil SBMPTN diumumkan.

Informasi mengenai pendaftaran seleksi jalur mandiri dan vokasi akan diumumkan melalui laman: selma.ub.ac.id. Termasuk juga daftar ulang bagi mahasiswa yang telah diterima baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN, akan ditentukan lebih lanjut melalui laman: selma.ub.ac.id, tandasnya.

Lebih lanjut, Koordinator Bagian Perencanaan Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya, Hery Prawoto Widodo S Sos MAB, menyampaikan, berkaca pada pengalaman tahun lalu, dari jumlah pendaftar di semua jalur (SNMPTN, SBMPTN, MUB, Vokasi) sebanyak 139.697, yang diterima hanya 17.692 mahasiswa. Atau hanya 13 persen dari total pendaftar yang diterima di tahun 2020.

Hal ini menunjukkan bahwa UB sangat selektif dalam memilih calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Walau pun kuota banyak dan peminatnya juga banyak namun prosentasinya sangat kecil. Karenanya prestasi dan nilai menjadi salah satu modal utama bagi Anda untuk diterima di UB,” tuturnya.

Hery Prawoto dan Kotok Gurito
(Koordinator Bagian Perencanaan Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya, Hery Prawoto Widodo S Sos MAB, dan Kasub Koordinator Kearsipan dan Humas UB, Kotok Gurito SE, dalam sosialisasi mekanisme penerimaan mahasiswa baru di UB tahun ajaran 2021. Photo Courtesy : Ist/Zoom)

Selain itu, calon maba juga harus lebih jeli dan realistis dalam memilih jurusan yang diinginkan, sebab persaingan di tiap-tiap prodi berbeda.

“Pada jalur mandiri misalnya. Prodi-prodi Sains-Teknologi (Saintek) di Prodi Kedokteran 1:46, Kedokteran Gigi 1:34, dan Farmasi 1:16. Kemudian di bidang Sosial-Hukum (Soshum) ada Prodi Kewirausahaan tertingginya 1:15. Sehingga dalam memilih prodi harus relevan dengan cita-cita adik sekalian,” kata Hery Prawoto.

ITS Mulai Sosialisasikan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Akademik, Prof.Dr. Aulani’am, drh.DES menyampaikan bahwa UB berusaha memberikan informasi tambahan mengenai mekanisme pendaftaran dan penjelasan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Brawijaya secara lengkap.

“Agar memberikan pemahaman lebih baik kepada Bapak Ibu semua, juga kepada calon mahasiswa,” ujarnya.

“Pada kesempatan ini kami dari Universitas Brawijaya sangat berharap tali silahturahmi dan komunikasi intensif dengan Bapak Ibu terus kita tingkatkan dan menjadikan UB pilihan utama dari siswa siswi terbaik  Bapak Ibu semua,” harap Aul panggilan akrabnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *