Dilantik Sebagai Presiden AS ke-46, Joe Biden Serukan Persatuan Nasional

  • Whatsapp
Dilantik Sebagai Presiden AS ke-46, Joe Biden Serukan Persatuan Nasional
(Didampingi istrinya, Jill Biden, Joe Biden mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden AS. Photo Courtesy : Youtube)
Rolasnews.com – Rabu (20/1) waktu setempat, Joseph R. Biden Jr. (Joe Biden) mengambil sumpah jabatan di West Front Gedung Capitol dan resmi menjadi Presiden AS ke-46. Di momen tersebut, Biden menyerukan warga Amerika untuk mempererat persatuan nasional yang sempat terpolarisasi tajam sejak pemilu hingga pelantikan presiden baru.

Dalam pelantikannya, Biden didamping istri, Jill Biden, dua anak mereka, Hunter dan Ashley Biden, serta beberapa cucu mereka.

Sang Presiden meminta warga Amerika untuk bersatu mengatasi berbagai persoalan pelik seperti perselisihan politik, pandemi COVID-19 yang telah menewaskan lebih dari 400 ribu di seantero AS, ketidakadilan rasial serta perubahan iklim.

Read More

Pelantikan dihelat di tempat terbuka dengan penjagaan ketat dengan undangan terbatas karena menghindari kerumunan di masa pandemi. Sekitar 200 ribu bendera Amerika ditancapkan di National Mall untuk mewakili mereka yang tidak dapat hadir secara langsung.

“Hari ini kita bukan merayakan kemenangan seorang kandidat tapi kemenangan demokrasi. Keinginan rakyat telah didengar dan dihormati,” kata Biden.

“Ini adalah hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Hari bersejarah dan penuh harapan, pembaruan dan penyelesaian,” tuturnya dikutip dari United Press International.

Biden menegaskan bahwa di bawah pemerintahannya, AS akan menulis “babak besar selanjutnya” dalam sejarah negara tersebut.

Momen pelantikan Presiden AS ke-46 itu diikuti dengan peristiwa bersejarah lainnya, yakni dilantiknya Kamala Harris sebagai Wapres perempuan pertama AS. Selain itu, Harris juga merupakan orang pertama keturunan Asia Selatan yang menduduki jabatan eksekutif tertinggi di Pemerintahan AS.

Kamala Harris disumpah sebagai Wapres AS
(Kamala Harris saat menjalani sumpah sebagai Wapres AS. Photo Courtesy : Youtube)

Kecuali Donald Trump dan Melania Trump, upacara pelantikan pemimpin negara adi daya itu dihadiri seluruh mantan presiden bersama istrinya, Barack Obama dan Michelle Obama, George W Bush dan Laura Bush, serta Bill Clinton dan Hillary Clinton.

Para mantan Presiden AS hadiri pelantikan Joe Biden
(Para mantan Presiden AS beserta istri, di rangkaian upacara pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46. Sayangnya, Donald Trump dan istrinya, tak hadir di peristiwa bersejarah tersebut. Photo Courtesy : Getty Images)

Namun mantan Presiden AS lainnya, Jimmy Carter, yang tak pernah melewatkan upacara pelantikan para penerusnya, tidak terlihat. Sejak meninggalnya mantan Presiden George H.W. Bush pada tahun 2018, Carter, 96, adalah mantan Presiden AS tertua yang masih hidup. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *