Bersama SBA, Tarwi Nggowes Surabaya-Pandaan PP

  • Whatsapp
Bersama SBA, Tarwi Nggowes Surabaya-Pandaan PP
(Tarwi bersama Smala Bike Adventure (SBA). Foto : Ist)
Rolasnews.com – Ibarat sedotan, kehadiran Tarwi selalu menyedot perhatian komunitas pecinta gowes. Tak sekedar menyambut, terkadang mereka juga antusias menggenjot sepeda bareng-bareng menempuh jarak yang lumayan jauh. Pulang pergi Surabaya-Pandaan, misalnya.

Minggu pagi kemarin (11/10), komunitas balap sepeda yang menamakan Smala Bike Adventure (SBA), nggowes bareng dengan Tarwi. Rutenya adalah Surabaya-Pandaan yang berjarak sekitar 55 km. Namun karena dilakukan pulang pergi, jarak yang mereka tempuh menjadi lebih dari 100 km.

Bagi Tarwi, nggowes Surabaya-Pandaan sekali pun pp, termasuk relatif dekat karena ia sudah biasa bersepeda jarak jauh. Bahkan bulan lalu ia melakukan perjalanan solo nggowes Surabaya-Jakarta. Akan tetapi bagi para penghobi gowes yang tergabung dalam komunitas seperti SBA, jarak tersebut boleh dibilang lumayan jauh.

Read More

Link Banner Link Banner

Meski demikian, anggota SBA yang rata-rata sudah berusia di atas 50 puluhan, tetap bersemangat membarengi Tarwi menggenjot sepedanya mulai dari start hingga finish.

“Saya ini pengagum berat Pak Tarwi. Jamannya PON tahun 60-70-an, saya yang waktu itu masih kecil sering berdiri di pinggir jalan yang dilalui para pebalap sepeda. Melambai-lambaikan bendera sekaligus melihat dari dekat para pebalap. Termasuk Pak Tarwi, idola saya,” ungkap salah seorang anggota komunitas.

Bike Adventure (SBA)
(Komunitas nggowes SBA yang beranggotakan para alumni SMAN 5 Surabaya. Foto : Ist)

Sementara Ketua SBA, Yoyok Subagiono, mengatakan acara nggowes bareng dengan mantan juara PON itu menimbulkan antusiasme tersendiri bagi para anggota komunitas yang merupakan alumni SMAN 5 Surabaya.

“Nggowes bareng juara PON dan legenda balap sepeda seperti Pak Tarwi membuat kita tambah semangat. Apalagi beliau kan sempat ramai diberitakan sebagai pebalap tertua yang bersepeda Surabaya-Jakarta,” kata Yoyok.

Mantan pejudo nasional dan Ketua Pengprov PJSI (Persatuan Judo Seluruh Indonesia) Jatim ini berharap kegiatan nggowes bareng perlu rutin digelar.

“Biar yang muda-muda juga tertarik. Selain menyehatkan, bersepeda ada unsur senang-senangnya. Lebih-lebih kalau dibarengi orang seperti Pak Tarwi. Tambah semangat,” tuturnya.

Tarwi sendiri menyambut baik keinginan Yoyok dkk. Ia mengaku siap kapan pun mengikuti acara sepedaan bareng.

“Mereka mungkin antusias karena ketemu wong aneh seperti saya. Sudah tua kok masih saja sepedaan jauh-jauh. Tapi tidak apa-apa. Yang tua saja masih kuat nggenjot (sepeda), masak yang jauh lebih muda ndak punya semangat,” ujarnya.

Menunggu Tarwi
(Menunggu Tarwi sebelum bersama-sama nggowes Surabaya-Pandaan pp. Foto : Ist)

Pria berusia 79 tahun ini  menambahkan, nggowes bareng SBA merupakan lanjutan dari pertemuan sebelum ia melakoni “Tour de Java is Back” beberapa waktu lalu. Saat itu mereka bertemu di Purwodadi dalam perjalanannya bersepeda dari Surabaya menuju Malang.

Tokoh Olahraga di Solo Sambut Tarwi di Stadion Manahan

Mengingat acara nggowes bareng ini juga mengedepankan unsur jalan-jalan dan fun, Tarwi dan para anggota komunitas SBA tak memforsir fisik untuk segera sampai di tempat tujuan. Mereka sempat berhenti beberapa kali untuk menikmati perjalanan.

Mengunjungi Masjid Cheng Ho Pandaan
(Bersama-sama mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho di Petungasri, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Foto : Ist)

Di antaranya mampir untuk makan siang di RM Ayam Sri sesaat setelah sampai di Pandaan. Kemudian sebelum melanjutkan bersepeda balik ke Surabaya, mereka menyempatkan pula mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho.

Rencananya, kegiatan semacam ini akan terus berlanjut. Tentu dengan rute dan suasana yang berbeda. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *