Cegah Wasir dengan Rutin Konsumsi Pisang

  • Whatsapp
Cegah Wasir dengan Rutin Konsumsi Pisang
(Wasir atau ambeien sering disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup tak sehat. Foto : Shutterstock)
Link BannerLink Banner
Rolasnews.com – Metabolisme tubuh manusia berperan penting dalam menentukan kondisi kesehatan karena metabolisme berhubungan langsung dengan sistem pencernaan. Makanan yang kita makan tak hanya memberikan energi tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di antara berbagai macam penyakit modern yang kita ketahui, tak sedikit yang berkaitan dengan pencernaan. Salah satunya wasir atau ambeien.

Wasir adalah penyakit yang disebabkan oleh sembelit kronis selama periode tertentu. Dalam kondisi ini, vena anus dan rektum (organ penyimpan sementara feses) membengkak. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Read More

Link Banner Link Banner

Sama seperti semua penyakit lainnya, kondisi ini sangat bergantung pada gaya hidup serta pola makan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan kaya serat yang banyak mengandung cairan penting untuk menghindari timbulnya masalah buang air besar.

Makanan kaya serat yang banyak terdapat dalam buah-buahan segar mencegah masalah pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu penyerapan nutrisi yang tepat sekaligus menjaga kekebalan tubuh.

Sebaliknya, sistem pencernaan yang tidak sehat dapat berimbas pada munculnya penyakit seperti sakit saat buang air besar akibat luka kecil di anus. Sistem pencernaan yang buruk juga dapat memicu kanker usus besar.

Pola Makan Sehat Kian Populer di Masa Pandemi

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat. Buah kaya potasium ini dapat melancarkan proses pembuangan kotoran dari dalam tubuh.

Pisang berfungsi sebagai pencahar alami karena bagian dalamnya yang licin mengandung banyak karbohidrat. Rutin konsumsi pisang setiap hari tak hanya membuat pencernaan bekerja lebih baik. Tetapi di saat bersamaan juga dapat menghilangkan wasir.

Makan Pisang
(Rutin mengkonsumsi pisang efektif cegah wasir atau ambeien. Foto : Getty Images)

Gula dalam pisang sarat kandungan antibiotik yang dapat menyembuhkan daerah yang terinfeksi dengan menekan pertumbuhan bakteri. Melalui proses osmosis, pisang juga dapat membantu mengurangi peradangan. Dalam proses ini, air dikeluarkan dari sel sehingga mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh wasir.

Yang musti diperhatikan, pola makan sehat dengan memperbanyak asupan makanan berserat memang penting. Namun akan lebih baik lagi jika diimbangi pula dengan gaya hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan olahraga teratur. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *