Napak Tilas Jalur Ulat Sutera Tegaskan Kucing adalah Hewan Peliharaan Sejak Jaman Baheula

  • Whatsapp
Napak Tilas Jalur Ulat Sutera Tegaskan Kucing adalah Hewan Peliharaan Sejak Jaman Baheula
(Kucing sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu hewan favorit peliharaan manusia. Foto : Shutterstock)
Link BannerLink Banner
Rolasnews.com – Penemuan kerangka kucing di sepanjang Jalur Sutra Kazakhstan membuktikan bahwa kucing memang merupakan hewan peliharaan manusia sejak lebih dari 1.000 tahun lalu.

Demikian hasil penelitian sejumlah ilmuwan dari Universitas Halle-Wittenberg Martin Luther Jerman dan Universitas Tubingen, serta Universitas Negeri Korkyt-AtaKyzylorda, Kazakhstan, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Rusia. Para ilmuwan merekonstruksi kehidupan kucing untuk penelitian yang dipublikasikan pekan lalu di jurnal Scientific Reports.

Analisa DNA dari kerangka kucing yang nyaris lengkap menunjukkan bahwa hewan ini, termasuk spesies yang dijinakkan dan tidak terkait dengan kucing liar lokal. Kucing peliharaan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Besar kemungkinan ia dipelihara oleh anggota suku Oghuz, suku penggembala nomaden di kawasan tersebut.

Read More

Link Banner Link Banner

Hasil dari X-ray mengindikasikan si kucing mengalami banyak patah tulang dan kehilangan sebagian besar giginya. Hal ini memperkuat dugaan bahwa ia hidup relatif lama sebagai hewan peliharaan manusia, para ilmuwan menyimpulkan.

“Orang-orang dari suku Oghuz hanya memelihara binatang jika binatang itu sangat penting bagi kehidupan mereka,” kata salah seorang peneliti, Dr. Ashleigh Haruda.

“Anjing, misalnya, bertugas menjaga. Tapi kucing, belum jelas manfaatnya apa kala itu,” imbuhnya.

Meski demikian, memelihara kucing sebagai hewan peliharaan diyakini sudah lama dilakukan bangsa-bangsa di Asia Tengah. Penduduk di kawasan tersebut tergolong lamban mengikuti perubahan, terutama yang berhubungan dengan pertanian dan peternakan.

Kerangka Kucing
(Penemuan kerangka kucing yang nyaris relatif utuh di wilayah Kazakhstan menunjukkan suku setempat memelihara kucing sebagai hewan peliharaan sejak lebih dari 1.000 tahun lalu. Foto : Ashleigh Haruda/Martin Luther University)

Walau Penangkapan Ikan Turun di Masa Pandemi, Spesies Langka Tetap dalam Bahaya Punah

Sisa-sisa kerangka kucing lainnya ditemukan di jalur karavan di sepanjang Jalur Sutera yang menghubungkan Asia Tengah dan Asia Timur dengan wilayah Mediterania. Jalur Sutera sudah digunakan sejak abad ke-2 SM hingga abad ke-18 di pemukiman Dhzankent Kazakstan.

Para ilmuwan menyatakan bahwa temuan ini juga menunjukkan adanya pertukaran budaya antar wilayah yang terletak di sepanjang Jalur Sutera.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *