Wamenkeu: Green Ekonomi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Wamenkeu: Green Ekonomi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Rolasnews.com – Green ekonomi merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat menyampaikan keynote speech pada Kongres X Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) Tahun 2022 dengan tema “Toward Green and Digital Economics and Business Faculties for Sustainable Future”, Selasa (6/12/2022).

“Kita keluar dari paradigma lama dimana green kadang-kadang dianggap memiliki trade-off dengan growth. Green dan economic growth tidak trade-off, dia komplemen. Green bahkan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” ungkap Wamenkeu di Bali.

Read More
Link Banner

Wamenkeu menjelaskan, logika green ekonomi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru karena Indonesia berhasil mengembangkan Energy Transition Mechanism (ETM). Dimana, ETM mempunyai dua pilar aktivitas yang besar yakni mengurangi kegiatan yang menghasilkan emisi karbon dan membangun pembangkit listrik yang berbasiskan energi baru terbarukan (EBT).

Pengurangan kegiatan yang dapat menghasilkan emisi karbon dilakukan melalui pengurangan penggunaan pembangkit listrik tenaga batubara.

Namun demikian, meski mengurangi penggunaan batubara bukan berarti Pemerintah menutup dan meninggalkan pembangkit listrik tersebut karena masih ada keterikatan dengan peraturan perundang-undangan.

“Kalau mengurangi bagaimana, Pak? Bisa kita kurangi umur dari PLTU batubara tersebut yang masih 20 tahun lagi kita kurangi 10 tahun aja deh, yang 10 tahunnya lagi kami tetap kompensasi,” jelas Wamenkeu.

Baca Juga :

Inilah 5 Prioritas Riset Nasional untuk Energi Baru Terbarukan

Sementara itu, membangun EBT juga dapat berarti membangun sumber pertumbuhan ekonomi baru menutup yang lama. Wamenkeu menambahkan, jika dikerjakan dengan baik, EBT bisa menjadi bisnis menuju transisi menuju ekonomi hijau.

“Dia bukan trade-off atas growth kita, dia tidak akan mengurangi, dia mengkomplemen,” pungkas Wamenkeu. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *