4 Tips Agar Makanan Tak Cepat Rusak di Kulkas

  • Whatsapp
4 Tips Agar Makanan Tak Cepat Rusak di Kulkas
(Asal menyimpan makanan dalam kulkas dapat membuat makanan cepat busuk dan menimbulkan bau tak sedap. Photo Courtesy : Shutterstock)
Rolasnews.com – Kita mungkin sering atau setidaknya pernah mendapati makanan di kulkas rusak. Entah itu busuk atau bentuknya sudah tak menarik untuk dikonsumsi. Biasanya karena makanan itu terlalu lama disimpan. Tapi bisa juga karena menaruhnya asal-asalan di dalam kulkas.

Riset membuktikan bahwa 60% dari makanan yang disimpan di kulkas pasti terbuang karena terlalu lama berada di dalam mesin pendingin tersebut. Padahal, hal seperti ini bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga lingkungan.

Bahan makanan dan minuman yang mudah rusak dan paling sering berakhir di tempat sampah adalah kentang yang membusuk, susu yang basi dan juga buah-buahan yang sudah menghitam.

Read More

Sebenarnya, bahan-bahan tersebut tidak akan rusak jika disimpan dengan benar. Bagaimana supaya kita tidak lagi membuang bahan makanan dan minuman terlalu sering, demi hemat energi dan hemat anggaran?

Berikut 4 tips agar makanan tak cepat rusak di kulkas :

1. Menjaga kebersihan kulkas

Jaga kebersihan kulkas

Kulkas dengan penyimpanan yang rapi dan teratur adalah poin penting untuk menjaga daya tahan bahan makanan dan minuman. Daging, keju dan bahan-bahan makanan yang tidak awet harus disimpan dalam kontainer terpisah dari bahan makanan lainnya di dalam kulkas.

Penyimpanan teratur dalam kulkas yang bersih bukan hanya menghindari tumbuh kembang bakteri. Pemilik rumah pun dapat menemukan barang yang dicari dengan sangat mudah.

2. Penyimpanan tepat

Simpan sayur di kulkas

Khusus untuk sayur, bungkus terlebih dahulu dengan tisu berbahan kasar atau paper towel.  Tempatkan di bagian paling bawah kulkas. tisu ini dapat menyerap kelembaban berlebih yang muncul pada permukaan sayuran sehingga sayur mayur pun bisa bertahan lama.

Kebiasaan kita adalah menyimpan kentang, bawang merah dan bawang putih di dalam kulkas. Padahal, komoditas tersebut hanya perlu ditempatkan pada suhu kamar dan tidak terpapar langsung matahari.

Sama halnya dengan sitrus dan buah tropis yang tidak seharusnya masuk kulkas karena justru akan lebih mudah busuk. Simpan buah dalam wadah khusus dan letakkan di dapur.

3. Wadah cantik nan rapi

Wadah rapi makanan di kulkas

Bahan-bahan kelengkapan dapur dapat disimpan dalam wadah-wadah cantik yang sangat mudah didapatkan. Hal ini tidak hanya membuat dapur lebih enak dipandang seperti layaknya foto-foto dapur cantik di Pinterest, misalnya. Tetapi juga membuat pengguna mudah mencari barang yang dibutuhkan.

Kemudahan ini akan mengurangi resiko barang berantakan karena pengguna sibuk membongkar lemari dapur dan enggan merapikannya lagi. Wadah cantik dan kedap udara adalah solusi terbaik untuk menyimpan tepung, gula, garam dan bahan lainnya seperti kopi atau teh.

Baca Juga :

6 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas

4. Penyimpanan dalam freezer

Menyimpan daging di freezer

Akui saja bahwa kita sering menyimpan semua makanan sisa ke dalam freezer. Kita menganggap nantinya kita akan menghangatkannya untuk dikonsumsi lagi. Padahal, freezer yang menyimpan bahan makanan terlalu banyak tidak akan dapat menjaga makanan supaya selalu awet.

Tips paling pas untuk menyimpan makanan di kulkas adalah:

  • Menyimpan daging dan ikan di sisi paling belakang sehingga keduanya tidak rusak karena perubahan suhu saat pintu freezer dibuka.
  • Sayuran harus dikupas, dipotong kecil dan direndam sebentar dalam air mendidih sehingga vitamin dan rasanya tidak hilang.
  • Buah harus dicuci dan dapat dilapisi dengan gula halus supaya rasanya tetap manis dan segar!
  • Bahan makanan yang belum sempat dimasak harus ditempatkan pada wadah khusus.
  • Bahan herbal segar dapat disimpan dalam freezer setelah dipotong kecil, diolesi dengan minyak zaitun dan ditmpatkan dapat wadah es.
  • Menyimpan jamur dengan baik dapat dilakukan dengan menggorengnya menggunakan mentega terlebih dahulu. Simpan di freezer setelah dingin. Metode ini dapat mempertahankan tekstur dan rasa jamur. (TT)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *