6 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas

6 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas
(Meski fungsinya untuk membuat makanan tahan lama, namun tak semua jenis makanan bisa disimpan di kulkas. Photo Courtesy : Pixabay)
Rolasnews.com – Sebagian besar dari kita mungkin termasuk yang beranggapan bahwa lemari es atau kulkas merupakan tempat yang sempurna untuk menyimpan makanan. Makanan apa saja.

Lebih-lebih kalau kulkas di rumah adalah kulkas dua pintu. Karena tempatnya yang lapang serta ada freezer-nya sendiri, terkadang membuat kita tambah semangat memasukkan nyaris semua produk makanan ke dalamnya. Biar rapi, begitu kira-kira dalih yang sering diungkapkan terkait kebiasaan menjejali kulkas dengan berbagai jenis makanan.

Sayangnya, kebiasaan ini tak selamanya baik. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya malah tak disimpan di dalam lemari pendingin karena justru cepat rusak.

Read More

Berikut 6 makanan yang musti dihindari untuk menyimpannya di dalam kulkas.

1. Kentang

087a-Kentang

Udara dingin dalam lemari es dapat berpengaruh terhadap rasa kentang. Jika ingin kentang yang Anda beli tahan lama, taruh saja di tempat dengan suhu ruangan dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Meski begitu, jangan membungkusnya dalam kantong plastik. Sebab, suhu dalam plastik yang cenderung panas dapat mempercepat pembusukkan kentang.

2. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih bawang merah

Cara terbaik menyimpan bawang putih dan bawang merah adalah menempatkannya dalam wadah berongga atau jaring karena ada sirkulasi udaranya. Namun jauhkan dari tempat Anda biasa menaruh kentang. Kelembaban dan gas yang keluar dari keduanya akan diserap kentang dan bisa menyebabkannya beracun.

Apabila ingin tahan lama dan bisa sewaktu-waktu dimasak, potonglah bawang putih dan bawang merah dalam bentuk irisan-irisan kecil terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Agar awet, masukkan irisan-irisan bawang putih atau bawang merah itu ke dalam tupperware atau kotak plastik dan tutup rapat.

3. Pisang

Pisang

Warna pisang akan cepat menghitam dan berubah menjadi kusam ketika disimpan di dalam kulkas. Untuk membuatnya tetap segar, taruh saja di tempat yang sejuk di dapur atau di meja makan, asal jangan membungkusnya di kantong plastik.

Pisang termasuk buah yang mudah busuk. Jadi kalau Anda beli pisang, usahakan sudah habis dalam waktu tiga hari. Lebih dari itu, pisang sudah melembek dan tidak segar lagi sehingga kurang layak dikonsumsi.

4.Kopi

Produk kopi

Ada sebagian dari kita yang karena alasan kepraktisan, lebih suka menyimpan kopi bubuk di lemari es. Padahal hal ini membuat kondensasi yang mempengaruhi rasa kopi.

Aroma kopi juga tak lagi harum ketika ditaruh di dalam kulkas dalam waktu yang cukup lama. Kopi bubuk paling ideal disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Background Warna pada Sayuran Pengaruhi Minat Konsumen

5. Saus dan kecap

Produk saus dan kecap

Walau berada di luar kulkas, saus dan kecap relatif tetap tahan lama asal masih dalam suhu ruangan. Saus dan kecap sudah mengandung cuka serta bahan pengawet yang membuat kedua produk makanan ini bisa bertahan dalam jangka waktu agak lama sekali pun sering dibuka tutup.

Hanya saja menyimpannya di dalam kulkas justru akan menyulitkan ketika mau digunakan karena suhu dingin akan membuatnya mengental.

6. Makanan panas

Makanan panas

Hindari memasukkan makanan yang baru dimasak alias masih panas ke dalam kulkas. Selain membuat kulkas Anda bekerja ekstra keras untuk mendinginkannya, bakteri salmonella dapat mengkontaminasi makanan lainnya seperti daging, sayur dan buah, telur, dlsb. Faktor lainnya adalah dapat mengurangi nilai nutrisi makanan tersebut.

Untuk membuat suhu tidak terlalu ekstrim, dinginkan dulu makanan yang baru masak. Jika memungkinkan simpan beberapa bagian dalam wadah kecil-kecil yang memudahkan ketika hendak mengkonsumsinya nanti. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *