Manfaat Air Lemon untuk Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Air Lemon untuk Tubuh
(Es lemon selain menyegarkan juga bermanfaat bagi tubuh. Photo Courtesy : Freepik)
Rolasnews.com – Banyak rumah makan atau kafe yang menyediakan menu minuman berupa air lemon baik hangat ataupun dingin. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang segar untuk mengobati dahaga maupun hanya sekedar dinikmati saat santai.

Namun selain itu ada banyak juga manfaat air lemon untuk tubuh baik dari segi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Berikut adalah manfaat air lemon untuk tubuh.

Read More

1. Meningkatkan hidrasi

Meningkatkan hidrasi

Menurut Food and Nutrition Food, pedoman umum mengatakan bahwa wanita harus mendapatkan setidaknya 91 ons per hari dan pria harus mendapatkan setidaknya 125 ons. Ini termasuk air dari makanan dan minuman.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi. Namun ternyata beberapa orang tidak menyukai rasa air yang tawar. Untuk mengatasi hal tersebut menambahkan lemon dapat memberikan rasa segar pada air. Sehingga dengan begitu akan membantu meningkatkan konsumsi air pada mereka yang kurang menyukai rasa air tawar.

2. Sumber vitamin C yang baik

Vitamin C dalam lemon

Dalam 100 gram jeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C yang dapat berfungsi untuk memperbaiki sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari kerusakan, mempercepat penyembuhan luka dan juga membantu penyerapapan zat besi.

Selain itu juga kaya antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

3. Membantu turunkan berat badan

Turunkan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol  ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk menginduksi obesitas.

Dalam studi tikus ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2

Namun meskipun begitu masih belum ada yang membuktikan dengan jelas bahwa lemon dapat menurunkan berat badan pada manusia. Hanya saja lemon memiliki kalori yang rendah sehingga cocok bagi anda yang sedang menjalani diet.

4. Meningkatkan kualitas kulit Anda

Meningkatkan kualitas kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Temuan bahwa air lemon dapat memperbaiki kulit masih menjadi hal yang diperdebatkan. Akan tetapi  ada satu hal yang pasti, kulit yang kekurangan kelembapan dapat mengakibatkan kering dan rentan terhadap kerutan.

Sebuah studi laboratorium tahun 2016 menunjukkan bahwa minuman berbasis jeruk membantu mencegah perkembangan kerutan pada tikus yang tidak berbulu.

5. Membantu pencernaan

Membantu pencernaan

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi setiap hari untuk membantu mencegah sembelit.

Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

6. Menyegarkan nafas

Nafas segar

Bau mulut bisa menjadi salah satu masalah penting yang harus segera diatasi karena dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Oleh sebab itu banyak hal dilakukan untuk mengatasinya. Ternyata hal tersebut bisa diatasi salah satunya dengan meminum segelas air lemon di pagi hari.

Lemon diduga merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat Sekaligus Efek Samping Madu dan Jahe Bagi Kesehatan

Efek samping air lemon

Air lemon umumnya aman untuk diminum dan memiliki banyak manfaat. Tetapi ada beberapa potensi efek samping yang harus diwaspadai.

Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat mengikis email gigi. Untuk membatasi risikonya, minumlah air lemon melalui sedotan, dan bilas mulut Anda dengan air biasa setelahnya.

Tak hanya itu. Terlalu banyak minum air lemon juga bisa menyebabkan heartburn, mual, dan muntah.

Heartburn
(Terlalu banyak meminum lemon dapat berefek pada rasa terbakar di dada atau heartburn. Photo Courtesy : Pinterest)

Heartburn menyebabkan rasa terbakar dan nyeri hebat di dada Anda. Beberapa orang juga melaporkan lebih sering pergi ke kamar mandi saat minum air lemon.

Dengan begitu meskipun air lemon memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, akan tetapi tetap konsumsilah secara wajar atau secukupnya untuk mengindari efek samping yang tidak diinginkan. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *