Manfaat Sekaligus Efek Samping Madu dan Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Sekaligus Efek Samping Madu dan Jahe Bagi Kesehatan
(Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, madu dan jahe juga dapat berakibat buruk bagi penderita penyakit tertentu. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Madu dan jahe tidak hanya mudah dijumpai, tetapi juga berfungsi untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Manfaat keduanya didapatkan jika konsumsi dilakukan secara bersamaan.

Konsumsi rutin dari keduanya memberi manfaat untuk masalah pada saluran pernafasan, seperti batuk dan pilek. Hal ini karena madu dan jahe kaya akan antioksidan.

Manfaat madu dan jahe

Read More

Madu terbukti untuk mengencerkan dahak yang menghalangi saluran pernapasan serta menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Efek yang sama juga diberikan oleh jahe, yang membantu mengurangi peradangan saluran napas. Kombinasi keduanya menjadi obat alami yang efektif untuk gejala batuk dan pilek.

Bagaimana caranya? Cukup rebus satu sendok madu dan sepotong jahe dalam air dengan ukuran satu gelas atau cangkir. Minum dua kali sehari, maka penderita flu dan batuk bisa merasa lega jika minuman ini dikonsumsi hangat.

Pereda nyeri

Madu juga dikenal sebagai pereda nyeri alami. Meski rasa jahe pedas dan pahit, tetapi kandungannya membantu mengurangi rasa nyeri. Minum ramuan yang sama apabila Anda mengalami nyeri tubuh.

Selain itu, madu dan jahe dikenal bisa mengobati masuk angin, dimana tenggorokan terasa sakit untuk menelan. Campuran keduanya melegakan sinus serta membantu mengeluarkan dahak dari sistem pernapasan.

Sakit tenggorokan
(Madu dan jahe efektif mengurangi nyeri tenggorokan. Photo Courtesy : Dreamstime)

Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa jahe dan madu baik untuk kesehatan jantung. Jahe juga terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah serta mengurangi kolesterol. Tentu saja, jahe dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular, yang disebabkan penyempitan pembuluh darah.

Imunitas tubuh

Madu, jahe dan lemon sangat cocok untuk melawan penyakit apa pun, dimana kandungannya memperkuat sistem kekebalan. Minum secangkir teh jahe, lemon dan madu setiap hari dapat meningkatkan sistem imunitas, karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Madu dan jahe juga memiliki efek samping

Meski memiliki banyak manfaat, madu dan jahe juga dapat merugikan kesehatan. Asupan berlebihan menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Penderita gula dan hipertensi tidak diperbolehkan mengkonsumsi jahe dalam jumlah banyak karena dapat menurunkan kadar gula secara drastis. Konsumsi jahe yang berlebihan membuat darah lebih encer di bawah normal sehingga tekanan darah rendah dapat terjadi.

Tekanan darah rendah
(Mengkonsumsi jahe berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Photo Courtesy : Shutterstock)

Capsaicin pada Cabai Dapat Memperlambat Penyebaran Kanker Paru-paru

Mengingat jahe mengencerkan darah, maka mereka yang sedang haid dapat merasa pusing karena pendarahan lebih banyak ketika mengkonsumsi jahe berlebihan.

Lalu, apakah madu memiliki efek samping?

Asupan madu secara konstan meningkatkan jumlah fruktosa dalam tubuh. Hal ini menimbulkan masalah pada usus kecil. Asupan madu tinggi dalam jangka panjang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Fruktosa yang ada pada madu, sulit dicerna. Bila dikonsumsi berlebihan, maka kemungkinan besar terjadi sakit perut, sakit perut, perut kembung dan diare.

Konsumsi madu yang berlebihan dapat mempengaruhi usus kecil. Ketika usus kecil Anda terdampak, maka tubuh menyerap terlalu banyak nutrisi. Selain itu, konsumsi madu berlebihan sangat berbahaya bagi penderita asma karena dapat menyebabkan masalah seperti sesak napas, gatal dan bengkak di lidah.

Madu juga dapat menyebabkan radang paru-paru pada orang yang menderita alergi. Sedangkan bagi penderita diabetes, mereka tetap dapat mengkonsumsi madu tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment