Capsaicin pada Cabai Dapat Memperlambat Penyebaran Kanker Paru-paru

  • Whatsapp
Capsaicin pada Cabai Perlambat Penyebaran Kanker Paru-paru
(Tak hanya menambah lezat makanan, senyawa yang menimbulkan rasa pedas pada cabai juga dapat menekan pertumbuhan kanker paru-paru. Image : Ist)
Link Banner
Rolasnews.com – Capsaicin adalah senyawa yang memunculkan sensasi pedas pada cabai. Banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki sifat-sifat anti kanker tertentu.

Dilansir dari Stock Daily Dish, penelitan yang dilakukan Piyali Dasguspta, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Marshall Joan C. Edwards di Huntington, West Virginia, AS, juga mendapati bahwa capsaicin yang terdapat pada cabai dapat menghentikan metastasis kanker paru-paru.

Metastasis adalah gerakan atau penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan ke organ atau jaringan lainnya. Sel kanker tersebut biasanya menyebar melalui darah atau kelenjar getah bening. Dengan demikian, istilah metastasi merujuk pada keadaan kanker paru-paru telah menyebar di luar tempat awalnya, termasuk ke tulang.

Read More

Sebagai tambahan informasi, kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Sebagian besar kematian terjadi akibat proses metastasis atau penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Baca Juga : Rutin Konsumsi Tomat dan Apel Perbaiki Paru-Paru Mantan Perokok

Penellitian Profesor Dasguspta mengungkapkan bahwa ada senyawa nutrisi yang dapat menghambat proses metastasis. Capsaicin adalah senyawa kimia yang memberikan rasa pedas pada cabai. Senyawa ini ternyata menghentikan kanker pada tikus percobaan dan kultur jaringan sel manusia.

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *