Hindari Stres dengan Menekuni Hobi

Hindari Stres dengan Menekuni Hobi
(Ilustrasi aneka hobi. Photo Courtesy : Simon Landrein/NY Times)
Rolasnews.com – Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Banyak survey yang menunjukkan bahwa kecenderungan orang mengalami stres di berbagai belahan dunia meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Salah satu contohnya di Amerika Serikat. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh American Psychological Association, menunjukkan hasil bahwa 44 persen warga negara adidaya itu merasa tingkat stres mereka meningkat selama lima tahun terakhir. Bahkan anak-anak juga mengalaminya. Adapun gejala yang biasa dialami terkait dengan stres adalah seperti sakit perut, sulit tidur, dan sakit kepala.

Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas menyenangkan dapat membantu tubuh untuk mengurangi stres. Aktivitas tersebut bisa berupa hobi atau minat baru yang dilakukan ketika senggang, libur atau weekend sehingga dapat mengurangi setres akibat rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan sesuatu yang baru sehingga pikiran akan segar kembali dan melupakan sejenak kepenatan yang dialami.

Read More

Mendengarkan musik atau memainkannya bisa menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan ketika tubuh merasa penat. Musik dapat memberikan energi atau bahkan menenangkan diri, bergantung pada pemilihan musik yang didengarkan.

Para peneliti di Universitas Stanford menemukan bahwa musik ritmis mungkin memiliki efek terapeutik untuk mengobati berbagai kondisi neurologis, karena merangsang otak dan mungkin dapat mengubah fungsinya. Melodi yang akrab dan musik lembut dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Selain bermusik, berkebun juga memungkinkan seseorang cenderung menurunkan kadar kortisol. Tanamlah tumbuh-tumbuhan dihalaman rumah, baik itu bunga maupun sayur seperti tomat, cabai ataupun kangkung yang penanamannya mudah.

Jika suka membaca buku, maka ambil buku yang bagus. Meluangkan waktu untuk bersantai dan membaca dapat membantu meredakan ketegangan pada otot, menurunkan detak jantung, dan menimbulkan ketenangan. Penelitian dari konsultan Mindlab International di University of Sussex menemukan membaca mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Kicauan Burung Turunkan Tingkat Stress

Atau jika menyukai seni mulailah melukis atau membuat kerajinan. Memiliki hobi yang kreatif dapat  mempertajam pikiran dan meningkatkan fokus. Tuangkan emosi pada kanvas, hal tersebut dapat membantu melepaskan ketegangan. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam British Journal of Occupational Therapy menemukan bahwa 81,5 persen responden dengan depresi melaporkan merasa bahagia setelah merajut.

Merajut
(Selain menjaga kemampuan kognitif otak, merajut juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang berperan memberi rasa bahagia dan tenang. Photo Courtesy : Getty Images)

Selain itu Ikuti kelas menari. Sebuah studi dari para peneliti Swedia yang diterbitkan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menemukan bahwa program intervensi menari, dua kali seminggu selama delapan bulan, membantu gadis remaja yang berjuang melawan stres, kecemasan, depresi, dan masalah lainnya.

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan saat stres, pilihlah aktivitas yang sesuai dengan minat dan juga hobi. Sehingga dapat membantu mengurangi stres yang dihadapi. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *