Kicauan Burung Turunkan Tingkat Stress

  • Whatsapp
Kicauan Burung Turunkan Tingkat Stress
(Sering mendengar burung berkicau membuat orang tak gampang stress. Photo Courtesy : Dmitry Yakubovich/Youtube)
Rolasnews.com – Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan sering mendengar kicauan burung, sudah seharusnya bersyukur. Ini karena rutin mendengar burung “bernyanyi” berkorelasi dengan tingkat stress yang rendah. Lalu apa buktinya?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati Integratif di Jerman, terbukti bahwa mereka yang dikelilingi oleh aneka spesies burung memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, ketimbang mereka yang tinggal di perkotaan.

Para ahli di Jerman tersebut menganggap konservasi hewan, dalam hal ini burung, merupakan hal yang penting bagi manusia disamping keamanan finansial.

Read More

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Ecological Economics. Para ahli melakukan penelitian pada beberapa masyarakat di Eropa. Mereka mengatakan bahwa kebahagiaan terkait erat dengan beberapa jenis burung.

“Kami menyimpulkan bahwa masyarakat Eropa yang paling berbahagia adalah mereka yang dikelilingi oleh spesies burung yang berbeda dalam kesehariannya,” papar Joel Methorst, seorang peneliti yang merupakan guru besar the Senckenberg Biodiversity and Climate Research Center, the iDiv and the Goethe University di Frankfurt.

Ia mengatakan bahwa mereka yang juga sangat bahagia adalah masyarakat Eropa yang tinggal di kawasan dengan nuansa alam, yang menjadi habitat bagi beragam spesies burung.

Methorst melakukan estimasi dimana setiap empat belas spesies burung setara dengan kepuasan sebanyak penghasilan ekstra kurang lebih USD 150 per bulan (sekitar Rp 2,12 juta).

Penelitian berjudul “European Quality of Life Survey” ini dilakukan pada tahun 2012. Studi ini bertujuan untuk meneliti keterkaitan antara ragam spesies yang ada di kawasan perumahan, kota kecil, dan kota besar, serta bagaimana spesies tersebut terkait dengan kebahagiaan manusia. Riset ini melibatkan 26.000 orang dewasa dari 26 negara di Eropa.


Para peneliti juga menyimpulkan bahwa burung merupakan salah satu yang terbaik dari semua keanekaragaman hayati di kawasan mana pun.

Hal ini karena kicauan burung yang dapat terdengar, dan juga tampilan fisik mereka yang mudah terlihat di kawasan pedesaan atau pinggiran kota. Ragam spesies burung juga masih sering terlihat di kawasan hijau, hutan dan juga perairan seperti danau dan sungai.

Pekerjaan Rumah Tangga Bikin Panjang Umur?

Sedangkan di Amerika Serikat, hobi yang terkait dengan burung sangat umum selama pandemi COVID-19 berlangsung. Kegiatan Christmas Bird Count yang digelar tiap tahun di Audubon kini banyak diminati. Padahal, kegiatan yang berlangsung tiga pekan ini bukanlah hal yang baru.

“Pelestarian alam tidak hanya memastikan dasar kehidupan manusia. Tetapi juga merupakan investasi bagi kesejahteraan manusia itu sendiri,” pungkas Methorst. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *