China Berencana Bangun 18 Pusat Kota Sepakbola dalam 5 Tahun

  • Whatsapp
China Berencana Bangun 18 Pusat Kota Sepakbola dalam 5 Tahun
(Untuk mewujudkan ambisi China menjadi kekuatan sepakbola dunia, program sepakbola sudah dikenalkan kepada anak-anak sejak pra-sekolah. Photo Courtesy : Asianews)
Rolasnews.com – Pemerintah China berencana membangun 16 hingga 18 pusat kota sepakbola antara tahun 2021 hingga 2025. Rencana ambisius itu terungkap dari dipublikasikannya dokumen Administrasi Umum Olahraga Nasional, Jumat (28/5).

Dilansir Xinhua, tahun 2025 kota-kota sepakbola yang dibangun harus memiliki setidaknya 2 klub profesional, satu training center tingkat nasional serta beberapa pusat pelatihan lokal. Setengah dari siswa yang mendiami kota-kota yang identik dengan sepakbola tersebut wajib terlibat aktif dalam olahraga. Untuk menunjangnya, satu lapangan sepakbola akan disediakan bagi setiap 10 ribu penduduk.

Otoritas yang berwenang mengurusi administrasi olahraga dan Asosiasi Sepakbola China akan menggelontorkan 5-10 juta yuan (Rp 11,2 miliar-Rp 22,4 miliar) per kota setiap tahun untuk mendukung perkembangan sepakbola di negeri panda.

Read More

Sedangkan kewajiban tiap-tiap pemerintah kota jika ingin bergabung dengan program tersebut adalah menginvestasikan minimal 30 juta yuan (Rp 67 miliar) setiap tahunnya untuk sepakbola.

Ekonomi China Diperkirakan Salip AS 5 Tahun Lebih Cepat

Dokumen yang dipublikasikan juga menyebutkan bahwa kota-kota sepakbola akan mengemban sejumlah tugas pokok. Di antaranya adalah memperkuat asosiasi sepakbola lokal, mengoptimalkan struktur ekuitas klub profesional, memperbaiki sistem kompetisi, mengembangkan sepakbola di masyarakat, mendatangkan para ahli sepakbola tingkat tinggi, membangun fasilitas serta menumbuhkan budaya sepakbola.

Dengan membangun belasan kota sepakbola, dokumen tersebut menambahkan, cabang olahraga ini akan memainkan peran kunci dalam mewujudkan ambisi China menjadi negara raksasa olahraga di tahun 2035. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment