Tak Mau Lebaran Jadi ‘Lebar-an’, Berikut 6 Tips Pertahankan Berat Badan Saat Hari Raya

  • Whatsapp
Tak Mau Lebaran Jadi ‘Lebar-an’, Berikut 6 Tips Pertahankan Berat Badan Saat Hari Raya
(Aneka macam makanan khas di momen lebaran memang menggoda nafsu makan. Namun jika mengkonsumsinya berlebihan, justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Lebaran adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Setelah satu bulan penuh berpuasa akhirnya kita bisa makan sepuasnya. Terlebih saat lebaran berbagai macam hidangan lezat tersedia di meja makan.

Namun hati-hati. Melampiaskan nafsu makan tak terkendali justru dapat berakibat berakibat buruk bagi kesehatan. Setidaknya tubuh bisa mendadak “melar”.

Tak ingin tubuh ideal yang didapat karena puasa melebar saat lebaran, yuk simak tips pertahankan berat badan saat hari raya:

Read More

1. Batasi makanan manis

Makanan manis

Kue kering pasti banyak tersedia di meja tamu setiap lebaran, camilan ini terlihat kecil dan tak mengenyangkan.

Eits… tapi jangan salah kue kering adalah makanan dengan kalori tinggi. Jadi jika mengkonsuminya dalam jumlah yang banyak maka siap-siap saja jarum penunjuk timbangan akan bergeser ke kanan.

2. Banyak minum air putih

Air putih

Air putih bermanfaat untuk membakar lemak. Manfaatnya juga untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme lemak serta karbohidrat yang tersimpan.

Karena itu, saat meminumnya air berkontribusi dalam membakar lemak ekstra di dalam tubuh. Selain itu air putih mampu membuat rasa kenyang sehingga kita lebih bisa mengkontrol napsu makan.

3. Kurangi porsi nasi

Nasi putih

Mengkonsumsi nasi yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Karbohidrat ini bisa berbahaya karena dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan tubuh jadi mudah kelelahan, merangsang tubuh untuk makan lebih banyak, dan berujung pada obesitas.

Maka kurangi nasi saat makan. Takar saja menjadi seperempat bagian dari piring.

4. Makan dengan perlahan

Makan perlahan

Makan dengan perlahan dapat mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh dalam satu waktu. Selain itu dapat juga mengurangi asupan kalori dalam sekali makan, sehingga akan menyebabkan penuruan berat badan seiring berjalannya waktu.

Di sisi lain, makan dengan tergesa-gesa akan membuat lambung bekerja ekstra yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Juga dapat membuat nutrisi makanan tidak dapat terserap dengan baik.

14 Ragam Kue Kering Untuk Hidangan Lebaran

5. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur

Kita sering kali mendengar berbagai manfaat buah dan sayur. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah.

Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan resiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

6. Olahraga

Olahraga

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur mampu mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menurunkan berat badan, serta menjaganya tetap stabil. Hal ini membuat olahraga penting dilakukan untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Selama lebaran kita juga bisa berolahraga bersama dengan saudara agar lebih mengasyikkan. (FKN)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *