14 Ragam Kue Kering Untuk Hidangan Lebaran

  • Whatsapp
14 Ide Kue Kering Untuk Hidangan Lebaran
(Aneka jenis kue kering untuk hidangan lebaran. Photo Courtesy : Ist)
Link Banner
Rolasnews.com – Lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setelah satu bulan penuh menjalani puasa. Tak jarang orang berbondong-bondong menyediakan berbagai jenis makanan dan minum. Selain opor ayam dan ketupat rasanya tak lengkap jika di meja tak tersedia pula berbagai kue kering sebagai hidangan lebaran.

Bingung mau menyediakan kue apa saat hari raya nanti? Berikut 14 rekomendasi kue kering untuk hidangan lebaran:

1. Putri Salju

Read More

Putri salju

Putri Salju merupakan salah satu kue kering favorit keluarga saat Hari Raya Idul Fitri. Teksturnya yang lembut mampu memikat lidah berbagai usia.

Banyak yang mengira pembuatan kue ini susah dan ribet namun kita bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Pembuatanya pun tidak serumit yang dibayangkan.

2. Nastar

Nastar

Siapa yang tidak kenal dengan kue kering satu ini. Nastar adalah kue semua kalangan. Perpaduan tekstur yang renyah dengan lembutnya selai nanas membuat popularitas kue ini hampir tak tergantikan oleh kue yang lain.

Namun selain selai nanas, bisa juga diganti dengan selai yang lain, bisa dengan selai stroberi, bluberi dan selai yang lain sesuai selera. Selain itu bisa dikreasikan dengan bentuk yang unik dan lucu. Kue kering nastar juga mudah sekali cara membuatnya, bisa nih langsung buat sendiri di rumah.

3. Kue Semprit

Kue Semprit

Semprit memiliki bentuk yang unik sebagai salah satu variasi kue kering untuk hidangan lebaran. Rasanya yang tidak terlalu manis dengan tekstur lembut akan sangat cocok untuk hidangan lebaran.

Bercengkrama dengan keluarga dan teman-teman ditemani dengan kue semprit dan es sirup rasanya sangat pas untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

4. Kastengels

Kastengels

Kue kering keju atau biasa disebut kastengels adalah kue yang sangat cocok disajikan saat lebaran. Kastengels biasanya menggunakan taburan keju edam atau keju cheddar.

Agar lebih harum kue ini bisa juga ditambahkan keju parmesan. Rasanya yang gurih asin dengan tekstur renyah menjadi andalan kue kering ini untuk mereka yang tidak terlalu menyukai rasa manis.

5. Lidah Kucing

Lidah kucing

Kue kering lidah kucing terkenal dengan teksturnya yang renyah dan tipis hampir menyerupai egg roll cookies.

Persis dengan namanya bentuk kue kering lidah kucing sama dengan bentuk lidah kucing dengan kepadatan yang tipis. Kue ini bisa menjadi salah satu opsi pelengkap hidangan lebaran Anda.

6. Kue Sagu

Kue sagu

Kue kering untuk lebaran tak melulu harus terbuat dari tepung terigu. Tepung sagu pun dapat menjadi alternatif untuk membuat kue kering. Menu yang bisa dibuat adalah kue sagu jadul alias jaman dulu.

Kue sagu juga bisa dibuat dengan bermacam-macam variasi. Misalnya kue sagu keju. Ketika membuat kue sagu, pastikan untuk memanggang menggunakan suhu rendah supaya kuenya tidak mudah pecah. Tambahkan pula santan agar lebih gurih dan renyah.

7. Kue Kacang

Kue kacang

Kue kacang jadul mengingatkan kita akan suasana lebaran di rumah nenek. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut juga krispi membuat banyak orang ketagihan.

Manisnya buat kangen rumah nenek karena belum diperbolehkan mudik, maka kue kacang jadul juga bisa untuk sajian lebaran nanti.

Bahan untuk membuat kue kacang jadul cukup sederhana. Terdiri dari kacang tanah, terigu, gula pasir dan minyak sayur.

8. Kue Bawang

Kue bawang

Kue Bawang banyak ditemukan di sekitar kita, seperti pasar, supermarket hingga toko khusus cemilan. Karena rasanya yang gurih serta bertekstur renyah kue ini banyak digemari dan disajikan diberbagai acara, termasuk saat lebaran.

9. Sus Kering

Sus kering

Kue sus kering adalah camilan yang sederhana. Cita rasanya yang gurih, renyah, dan ringan sangat cocok untuk hadir di meja saat lebaran. Kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, dan putih telur saja. Jadi sangat pas jika hendak membuatnya sendiri di rumah.

10. Kue Kukis Coklat

Kue kukis coklat

Kue kering coklat adalah kue yang banyak digandrungi anak-anak. Berbagai kreasi kue kering cokelat juga dapat disajikan untuk hidangan lebaran.

Cara membuat kue kering cokelat cukup sederhana. Alternatif paling mudah ialah menambahkan cokelat bubuk atau lelehan cokelat batang pada adonan nastar. Selanjutnya, beri topping sesuai selera supaya lebih lezat dan terihat cantik.

Mudik Dilarang, Berikut Tips Lebaran Di Tanah Rantau

11. Kue Kering Choco Chips

Choco chips

Kue kering choco chips adalah pilihan kue kering yang akan menarik siapa saja, bentuknya yang cantik dengan rasa manis yang renyah mampu menggoda mata tamu saat berkunjung.

Kue ini sangat cocok untuk mempercantik meja tamu Anda saat lebaran.

12. Telur Gabus

Telur gabus

Telur gabus merupakan salah satu snack tanpa oven yang bisa disajikan untuk hidangan lebaran. Kue kering ini memiliki cita rasa gurih yang khas dengan tekstur yang renyah.

Anda dapat membuat kue telur gabus gurih atau telur gabus manis untuk isi stoples sesuai selera. Jika ingin manis, maka beri lapisan gula merah pada permukaan kuenya.

13. Kue Kering Jahe

Kue jahe

Kue jahe memang kurang umum terdengar di perbincangan kue lebaran. Namun saat Anda sudah berhasil membuat kue kering jahe yang renyah dan lezat, pastinnya anggota keluarga dan tamu yang berkunjung tidak akan mampu berhenti memakannya apalagi disaat momen Hari Raya Idul Fitri.

Bentuknya yang indah mampu menjadi daya tarik bersanding dengan kue-kue yang lain.

14. Kue Emping

Kue emping

Kue Emping  mempunyai banyak penggemar karena teksturnya yang lembut, rasanya yang lezat, dan juga penyajiannya yang tidak biasa.

Bahan dasarnya adalah kacang melinjo atau juga emping jagung. Jenis kue kering yang satu ini bisa menggunakan kerupuk emping siap saji yang tentunya lebih cepat dalam pembuatan dan lebih mudah. (FKN)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *