Mudik Dilarang, Berikut Tips Lebaran Di Tanah Rantau

  • Whatsapp
Mudik Dilarang, Berikut Tips Lebaran Di Tanah Rantau
(Ilustrasi mudik. Photo Courtesy : VectorStock)
Link Banner
Rolasnews.com – Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat yang selalu dilakukan  menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sayangnya pada saat ini mudik dilarang demi mencegah penyebaran virus COVID-19.

Meski pun begitu, ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika merayakan lebaran di tanah rantau. Nah, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan?

1. Mudik Virtual

Read More

Silaturahmi virtual

Ketika tidak bisa bertemu dengan orangtua dan sanak saudara bukan berarti kita tidak bisa bersilaturahmi dengan mereka. Saat ini teknologi sudah canggih, sehingga mudik bisa dilakukan secara virtual, yaitu dengan cara ­video call.

Dengan adanya fasilitas teknologi yang canggih, membuat kita tidak perlu khawatir dan bersedih karena meskipun tidak bertemu secara langsung namun masih bisa berkomunikasi dan bertemu keluarga secara virtual.

2. Bermain bersama binatang peliharaan

Bermain bersama hewan peliharaan

Bermain bersama binatang peliharaan bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan bersama keluarga selama tidak bisa mudik ke kampung halaman. Jika pada saat mudik biasanya harus repot menitipkan hewan peliharaan di tempat penitipan, maka lebaran tahun ini tidak perlu lagi karena kita bisa mengurus sendiri.

Binatang mampu memberikan perasaan senang kepada orang di sekitarnya. Sehingga pada Hari Raya Idul Fitri perasaan kita bertambah bahagia dengan adanya hewan peliharaan.

3. Nonton Series atau Film

Nonton film bareng keluarga

Pada era sekarang ini, begitu banyak series atau film dari berbagai negara dengan beragam genre, mulai dari ­slice of life, drama, comedy, action, mysteri maupun thriller untuk yang menyukai senam jantung.

Bagi penggemar series maupun film tentu menonton adalah salah satu kegiatan paling seru dan menyenangkan apalagi jika dilakukan dengan orang-orang tercinta. Sembari mengisi waktu luang bersama keluarga, pilihlah series yang sesuai dengan keinginan kemudian nikmati bersama-sama atau juga bisa dengan melakukan marathon film, sehingga masing-masing anggota keluarga bisa memilih film favoritnya untuk ditonton secara bergantian.

Selain itu ketika menonton film bisa juga dilakukan dengan menikmati hidangan cemilan di hari raya.

4. Berkebun

Berkebun

Akhir-akhir ini mengoleksi tanaman hias menjadi primadona bagi ibu-ibu baik pecinta tanaman maupun yang baru saja tertarik untuk mengoleksi tanaman seperti monstera, aglaonema maupun kaktus. Kegemaran mengoleksi dan menanam tanaman hias bisa membantu diri dan keluarga untuk beraktivitas ringan tidak hanya di dalam ruangan tetapi juga diluar ruangan bersama-sama dengan keluarga.

Dengan adanya tanaman hias dapat membuat rumah terasa sejuk dan indah pada saat merayakan Idul Fitri.

Edukasi Berbasis Keluarga Tumbuhkan Kebiasaan Baru Cegah COVID-19

5. Memasak Bersama Keluarga

Memasak bersama keluarga

Ketika Lebaran tentu tidak lupa dengan santapan khas yang menjadi tradisi turun temurun. seperti opor ayam, ketupat maupun rendang untuk dinikmati bersama orang terkasih kita.

Karena hanya bisa merayakan lebaran di rumah, maka manfaatkan waktu yang intim ini bersama keluarga tercinta dengan memasak bersama-sama sehingga bisa menciptakan momen kebersamaan yang hangat di hari yang penuh berkah, kemudian disantap bersama sehingga meskipun tidak bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman namun masih bisa tetap merasakan santapan lezat khas Idul Fitri.

6. Piknik Santai bersama keluarga

Piknik bersama keluarga

Jika rumah memiliki halaman yang luas, maka manfaatkan halaman tersebut sebagai tempat piknik bersantai dengan keluarga. Ciptakan permainan-permainan seru seperti outbond bersama anak-anak sembari menikmati hidangan di Hari Raya Idul Fitri yang beraneka macam dan semakin mendekatkan diri dengan keluarga.

Dengan begitu maka suasana idul fitri yang ceria tetap dapat dirasakan meskipun harus berada di tanah rantauan. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *