Nike Gugat Perusahaan di Brooklyn Gara-Gara “Sepatu Setan”

  • Whatsapp
Nike Gugat Perusahaan di Brooklyn Gara-Gara “Sepatu Setan”
(Rapper Lil Nas X dan “Sepatu Setan” yang diendorsenya. Photo Courtesy : MSCHF)
Rolasnews.com – Hari Senin kemarin Nike resmi menggugat sebuah perusahaan kecil yang berbasis di Brooklyn, New York, AS. Gara-garanya, pabrikan sepatu terkemuka di dunia itu tak terima produknya, Nike Air Max 97, diubah menjadi “Sepatu Setan”. Yang membuat Nike tambah murka, penjualan sepatu bercorak gelap itu sengaja dibatasi pada angka keramat yang berkonotasi pada angka iblis, 666!

Untuk penjualan “Sepatu Setan”, MSCHF menggandeng rapper Lil Nas X. Sepasang sepatu tersebut dibanderol lebih dari US$ 1.000 dan hanya diproduksi 666 pasang.

Uniknya, meski tergolong mahal, sepatu itu langsung ludes kurang dari satu menit begitu dijual secara online. Bisa jadi ini karena promonya yang menyatakan bahwa “Sepatu Setan” mengandung darah manusia yang sebenarnya.

Read More

Nike yang berang karena penjualan sepatu itu tanpa otorisasinya, segera mengajukan gugatan ke Pengadilan Federal New York, Senin (29/3).

Dalam pernyataan resminya, Nike mengatakan bahwa MSCHF Product Studio, mengubah secara material sepatu bermerek Nike Air Max 97 tanpa izin. Nike khawatir penjualan produk sepatu nyeleneh itu akan membuat orang mengira perusahaan mendukung praktek-praktek satanisme.

“Perubahan material yang mengacu pada “Sepatu Setan” dilakukan dengan menambahkan tinta merah dan darah manusia pada bagian sol bawah, menambahkan detil bordir merah bertema setan, menambahkan pentagram perunggu ke tali serta menambahkan liner kaos kaki yang baru,” demikian rilis resmi pernyataan Nike.

Perusahaan sepatu asal AS tersebut juga mengungkapkan terjadinya kebingungan di pasar, termasuk mulai adanya seruan untuk memboikot Nike sebagai respon atas peluncuran “Sepatu Setan”.

“Konsumen bisa menanggapi keliru bahwa Nike telah memberi otorisasi atau menyetujui produk MSCHF ini,” imbuh rilis tersebut.

Nike menuntut MSCHF atas pelanggaran merek dagang dan persaingan tidak sehat. Selain meminta ganti rugi yang besarannya akan ditentukan kemudian, perusahaan meminta pengadilan untuk memerintahkan penarikan semua produk diserahkan ke Nike untuk dimusnahkan.

Pasang Foto Duterte, SIM Abal-Abal Disita Polisi

Belum ada komentar dari MSCHF menanggapi gugatan tersebut. Akan tetapi, rapper Lil Nas X yang mengendorse produk “Sepatu Setan” buru-buru memposting cuitan di akun twitternya.

Meski tidak ikutan digugat, namun dengan mengunggah video pendek Squidward tengah mengharapkan belas kasihan orang-orang yang lalu lalang, agaknya ia sudah merasa nasibnya bakal apes. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *