Seni Grafiti Bakal Percantik Tampilan Jembatan Kedungkandang

  • Whatsapp
Seni Grafiti Siap Percantik Tampilan Jembatan Kedungkandang
(Walikota Malang menyaksikan aksi seni grafiti di Jembatan Kedungkandang. Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)
Link Banner
Rolasnews.com – Menggandeng Komunitas Grafiti se Malang Raya, Pemerintah Kota Malang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana Paint), siap mempercantik tampilan Jembatan Kedungkandang.

Direktur Indana Paint Steven Antonius Sugiharto mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 1 ton cat dasar berwarna abu-abu dan juga 3.400 kaleng cat semprot yang akan digunakan oleh Komunitas Grafiti Kota Malang untuk memperindah sekaligus mempercantik Jembatan Kedungkandang.

“Cat ini nantinya bisa bertahan cukup lama,  sekitar tiga tahun,” ujarnya, Senin (15/3).

Read More

Menurutnya, selain mengangkat tema Malangan dalam pembuatan grafiti, Walikota Sutiaji juga meminta untuk ditambahkan informasi tentang pandemi agar masyarakat ingat bahwa pernah ada pandemi sehingga masyarakat bisa selalu waspada.

“Yang mengerjakan nanti dari Komunitas Grafiti se Malang Raya, sekitar 60 sampai 100 orang. Ada dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu,” sebutnya.

“Pengerjaan sekitar dua minggu dan diharapkan bisa menjadi kado istimewa bagi Kota Malang di hari jadinya yang ke 107 tahun,” Steven Antonius menambahkan.

Lebih lanjut Walikota Malang berharap nantinya bisa melihat banyak pesan-pesan moral yang disampaikan dalam bentuk seni grafiti. Karena mereka ini sebenarnya merupakan kelompok-kelompok yang cukup kritis. Mereka kerap melontarkan kritikan tapi dengan caranya mereka sendiri, yakni dalam bentuk grafiti.

“Objeknya nanti bukan dinding ini saja, tapi juga ada di pilar-pilar jembatan. Harapannya nanti semua masyarakat yang melintas, bisa melihat pesan-pesan moral tersebut,” ujarnya.

Kedepan, pihaknya akan terus melakukan monitoring agar tidak ada coretan-coretan lain selain coretan yang sudah di gambar.

“Secara tidak langsung kita mengecam coretan-coretan di dinding-dinding milik orang yang nilai seninya hilang. Karenanya kami akan terus melakukan monitoring,” tandasnya.

Sutiaji dan direktur Indana Paint
(Walikota Malang, Sutiaji, bersama Direktur Indana Paint, Steven Antonius Sugiharto. Produsen cat tersebut siap memberikan 1 ton cat dasar serta 3.400 cat semprot untuk mempercantik Jembatan Kedungkandang melalui seni grafiti. Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)

Diskominfo Kota Malang Siap Berikan Pelatihan Youtuber

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan, selain adanya grafiti, untuk lebih mempercantik sekaligus memanfaatkan lahan kosong di bawah Jembatan Kedungkandang, akan dibangun skatepark, lapangan basket dan juga taman.

“Pak Wali perintahkan di bawah jembatan ini banyak lahan kosong ya rencananya tadi untuk skatepark, kemudian untuk tempat basket. Kemudian ada juga taman anak-anak, nanti kita buat lampu yang lucu-lucu. Sehingga nanti orang ke sini bisa refreshing di bawah jembatan ini,” ucapnya.

“Jadi kita optimalkan lahan yang ada karena kalau lahan yang kosong itu tidak di manfaatkan malah bisa berubah fungsi nantinya,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *