3 Kementerian Bersinergi Tingkatkan Ekspor Hasil Pertanian

3 Kementerian Bersinergi Tingkatkan Ekspor Hasil Pertanian
Rolasnews.com – Tiga Kementerian, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Kementerian BUMN, Jumat (12/3), bersinergi melepas ekspor hasil pertanian ke-12 negara. Ekspor bersama yang dilakukan dari Surabaya ini senilai Rp 140 miliar.

“Kerja sama ini merupakan permulaan untuk memastikan Indonesia berwujud baru sehingga ekonomi berkelanjutan di masa yang akan datang,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dikutip dari situs Kemendag.

Keduabelas negara tersebut adalah Amerika Serikat, Hongkong, Timor Leste, Jerman, Brunei Darussalam, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Korea Selatan, Mesir, Singapura, dan Bangladesh.

Read More

Sedangkan komoditas yang diekspor diantaranya adalah bakso, sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, asam amino hewan LLysine sulfate, pakan ternak, susu pasteurisasi, susu, kelapa bulat, mentega kakao, bubuk kakao, biji kopi, cengkeh , dan serat campuran (sillage) allformilk. Totalnya ada 34 jenis.

Industri Olahan Kelapa Laris di 6 Benua

Mendag melanjutkan, Jawa Timur merupakan pusat perdagangan barang setengah jadi untuk Indonesia bagian timur. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan akan membuat Export Center di Surabaya. Hal ini untuk memastikan komitmen Indonesia dapat melakukan penetrasi ke pasar internasional.

Pada kegiatan ini juga diserahkan sertifikat kesehatan (Health certificate / HC) dan sertifikat fito sanitasi (Phytosanitary Certificate / PC) kepada seorang oleh tiga Menteri. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *