Program Permata Merdeka Beri Kesempatan Mahasiswa UB Kuliah di Kampus Lain

  • Whatsapp
Program Permata Merdeka Berikan Kesempatan Mahasiswa UB Kuliah di Kampus Lain
(Heri Prawoto, Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Tercatat sebanyak 231 mahasiswa Univeritas Brawijaya telah mendaftarkan diri mengikuti perkuliahan di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Program Permata Merdeka. Sementara sebanyak 235 mahasiswa dari luar UB telah mendaftar untuk mengikuti perkuliahan di sejumlah prodi UB selama satu semester (mahasiswa Inbound).

Permata Merdeka adalah sebuah program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara yang diinisasi oleh 43 PTN yang tergabung dalam sebuah konsorsium.

Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik dan Kerjasama UB Heri Prawoto menjelaskan Permata Merdeka merupakan miniatur dari Permata Sakti yang telah terlebih dahulu diinisiasi oleh Dikti pada semester ganjil lalu.

Read More

Link Banner

Menurutnya, Program Permata Merdeka ini diinisiasi beberapa PT yang ingin tetap melanjutkan program tersebut dalam rangka mewujudkan dan mendorong program merdeka belajar yang telah dicanangkan KEMDIKBUD.

“Semua program yang ada di Permata Merdeka hampir sama dengan yang ada di Permata Sakti. Bedanya Permata Merdeka mahasiswanya bisa ikut mengambil mata kuliah di PTN konsorsium tanpa batasan lokasi. Jadi mahasiswa UB bisa mengambil mata kuliah pada prodi yang ada di Universitas dalam satu Provinsi seperti Airlangga atau UPN Surabaya, juga pada PTN daerah lain yang menawarkan matakuliah dalam Permata merdeka” jelasnya dalam rilis yang diterima rolasnews.com, Kamis (18/2).

Dikatakan Heri, dalam proses pelaksanaannya, Permata Merdeka sudah diatur menggunakan sebuah sistem yang disediakan portal untuk proses pendaftaran, evaluasi dan mendeteksi perguruan tinggi yang dituju dan mata kuliah apa saja yang diambil.

“Semuanya sudah terekam ke dalam sistem yang sudah disiapkan. Selain itu, jumlah mata kuliah yang diambil tetap tidak boleh lebih dari 24 SKS,” terangnya.

Berikan Pemahaman, Universitas Brawijaya Sosialisasikan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Heri berharap melalui program tersebut, mahasiswa memiliki kesempatan untuk merasakan kuliah di kampus lain. Hal ini sebagai wujud merdeka belajar dan akan menambah pengalaman seperti apa kuliah di PTN lain itu. Dan yang pasti tidak dipungut biaya.

“Harapannya dengan permata merdeka 43 PTN yang tergabung dalam konsorsium, mahasiswanya bisa saling bertukar mata kuliah dan diakui oleh masing-masing PTN,” harapnya.

“Mahasiswa yang bisa mengikuti program Permata Merdeka berada di semester empat hingga delapan dan sistem perkuliahan bagi mahasiswa Program Permata Merdeka akan dimulai pada 22 Februari 2021 mendatang,” pungkas Heri Prawoto.

Permata Merdeka

Berikut Perguruan Tinggi Peserta Pertukaran Mahasiswa Semester Genap 2020/2021:

  1. UNESA
  2. UNLAM
  3. UNIMED
  4. UPI
  5. UNNES
  6. UNEJ
  7. UNSRI
  8. Unsulbar
  9. ITK
  10. UPN JATIM
  11. Universitas Bengkulu
  12. Univ. Nusa Cendana (Undana)
  13. UPN Veteran Jakarta
  14. Unsoed
  15. UNDIKSHA (BALI)
  16. ISI Padangpanjang
  17. UGM
  18. Universitas Andalas
  19. Unsrat
  20. UNUD
  21. Universitas Tadulako

22.UPN Veteran Yogyakarta

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. UNG
  3. UNTIRTA BANTEN
  4. Universitas Brawijaya
  5. UM (Univ Negeri Malang)
  6. Universitas Halu Oleo
  7. Universitas Siliwangi (Unsil)
  8. UNHAS
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  11. Universitas Lampung (UNILA)
  12. Universitas Mulawarman (UNMUL)
  13. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  14. Universitas Negeri Padang (UNP)
  15. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  16. Universitas Samudra
  17. Universitas Pattimura (UNPATTI)
  18. UPR
  19. UNTIDAR (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *