Momentum HPN 2021, Kominfo Ajak Pers Jaga Ruang Digital Aman dan Produktif

  • Whatsapp
Momentum HPN 2021, Kominfo Ajak Pers Jaga Ruang Digital Aman dan Produktif
Rolasnews.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak insan pers untuk menjaga ruang digital tetap aman dan produktif dalam momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Secara khusus, Menteri Kominfo meminta insan pers untuk terus mewaspadai infodemik yang mengisi ruang berita melalui kemasan hoaks, disinformasi, dan misinformasi.

“Dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, pers tetap harus mengedepankan fungsi utamanya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tantangan digitalisasi justeru harus dilihat sebagai suatu peluang untuk memfasilitasi pelaksanaan tugas mulianya insan pers. Terlepas dari tingkat persaingan yang terus luar biasa, terlepas dari disrupsi teknologi, terlepas dari COVID-19,” ujarnya ketika memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Media Massa HPN 2021, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (8/2).

Menteri Johnny menilai, kondisi yang terus berubah harus direspons dengan semangat untuk bergerak maju melalui peningkatan kemampuan insan pers nasional, terlebih bagi para pelaku media siber yang begitu cepatnya menjangkau masyarakat.

Read More

Oleh karena itu, menurut Menteri Kominfo diperlukan kerja bersama antara industri pers dan stakeholders dalam menciptakan tata kelola media yang agile melalui upaya diversifikasi produk-produk media, intensifikasi kualitas produk-produk jurnalisme, serta ekstensifikasi faktor-faktor penting dalam industri pers dan media.

“Hal tersebut harus terus kita upayakan agar industri pers dan media dapat selalu meningkatkan kualitasnya dan profesionalismenya,” jelasnya.

Perangi Hoaks dan Jalin Sinergi, Kapolda Jatim Silaturahmi dengan Pimpinan Redaksi Media Cetak

Menteri Kominfo mengingatkan, momentum HPN 2021 sangat penting, mengingat media adalah akselerator perubahan dan juga pilar demokrasi.

“Di satu sisi kita berbicara kebebasan yang luar biasa, tentu itu terkait dengan konten. Tapi di sisi yang lain kita membutuhan juga regulasi-regulasi yang kuat dalam mengatasi kompetisi yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Johnny mengajak seluruh insan pers untuk berkomitmen membangun media massa yang lebih baik dengan merujuk pada agenda-agenda yang telah disepakati pada HPN sebelumnya. (TON/*)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *