Dukung Suksesnya Program Vaksinasi, Masyarakat Agar Bijak Pilah Informasi

Dukung Sukses Program Vaksinasi, Masyarakat Agar Bijak Pilah Informasi
(Vaksin Sinovac tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Jalan A. Yani, Surabaya, Senin (4/1). Photo Courtesy : Humas Pemprov Jatim)
Rolasnews.com – Satgas Penanganan COVID-19 meluruskan sejumlah berita yang menjurus ke arah misinformasi dan disinformasi yang beredar. Salah satunya berita yang berkembang bahwa negara Italia menduga COVID-19 bukanlah virus, melainkan bakteri. Hal seperti ini berkembang sejalan dengan tahapan program vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah.

“Perlu dipahami, bahwa berita tersebut adalah hoax atau tidak benar,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan COVID-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/1).

Ia menjelaskan, bahwa Severe Acute Respiratory Syndrome  Corona Virus – 2 (Sars Cov-2), yang lebih dikenal dengan virus Corona adalah jenis baru dari Corona Virus. Virus ini menular dari manusia ke manusia.

Read More
Link Banner

Untuk itu masyarakat perlu bijak dalam mengolah dan menerima informasi yang diterimanya. Serta berpartisipasi dalam menyebarkan informasi yang benar pada orang-orang terdekat yang bisa dipercaya sumbernya.

Media Sosial Kerap Sebarkan Informasi Ngawur Tentang Vaksin

Masyarakat juga diminta tetap menjaga diri dan tidak lengah selama masa pandemi COVID-19.  Dan pemerintah pun saat ini sedang bekerja keras mempersiapkan program vaksinasi COVID-19.

“Vaksin akan lebih efektif melindungi masyarakat saat vaksinasi dilakukan pada kondisi yang lebih terkendali dimana laju penularan rendah. Daripada vaksinasi saat laju penularannya tinggi. Karena peluang tidak tercapainya kekebalan komunitas (herd immunity) akan semakin besar apabila laju penularannya tinggi,” jelas Wiku. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *