Manajer LCC, H. Mochamad Ircham, Berpulang

  • Whatsapp
Manajer LCC, H. Mochamad Ircham, Berpulang
(H. Mochamad Ircham (kedua dari kiri) salah satu tokoh yang banyak berjasa bagi perkembangan balap sepeda di Indonesia, berpulang. Photo Courtesy : Dok Rolasnews)
Rolasnews.com – Innalillahi wa innailiahi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, H Mochamad Ircham, salah seorang tokoh yang banyak berjasa serta berdedikasi besar di dunia balap sepeda Indonesia.

H. Mochamad Ircham, menghembuskan nafas terakhirnya Kamis, 24 Desember 2020, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Almarhum adalah penggiat sepeda LCC. LCC Series merupakan lomba balap sepeda jalan raya yang diadakan oleh Customs Cycling Club (CCC). LCC Series merupakan lomba tingkat Nasional/Internasional yang diadakan secara rutin sejak tahun 2010. Setiap tahun ada 3 series.

Read More

LCC Series diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap kegiatan olahraga sepeda di tanah air untuk memperbanyak event yang mampu memberikan ruang bagi pebalap-pebalap Indonesia. Dengana adanya event ini, para pebalap Indonesia dapat saling berkompetisi dalam semangat sportifitas yang pada akhirnya meningkatkan prestasi olahraga sepeda di tingkat Internasional.

Menurut Puspita Mustika Adya, mantan pebalap nasional era 80-90-an, almarhum mempunyai kepedulian besar terhadap perkembangan balap sepeda di tanah air.

“Pak Ircham adalah pencetus Custom Cycling Club (CCC). Di awal pendiriannya saya sempat mendamping di Jakarta bersama Pak Sofyan Bea Cukai yang mengadakan perlombaan Balap Sepeda berkesinambungan. Ada 3 nomor ITT, ORR dan Criterium dari Elite,Junior, pemula putra dan putri,” kata Puspita.

“(Setiap event) bisa 3 hari dikasih makan siang dan diicarikan penginapan yang sesuai. Luar biasa jasa beliau memajukan balap sepeda. Selamat jalan Pak H Ircham,” lanjut Puspita.

Haji Ircham Sambangi Hotel Tempat Tarwi Menginap di Jogja

Selain itu, bagi Tarwi, mantan pebalap sepeda nasional lainnya, jasa almarhum juga akan selalu dikenang. H. Mochamad Ircham adalah orang yang meminjamkan sepeda merek United Bike yang dipakainya untuk bersepeda secara marathon Surabaya-Jakarta yang menempuh jarak 1.100 kilometer bulan September lalu.

Almarhum juga menyempatkan mengunjungi pebalap berusia 79 tahun itu di Hotel Ayaartta, Jogja. Ketika itu Jogja menjadi titik start etape keempat di perjalanan napak tilas bertajuk “Tour de Java is Back” tersebut.

Almarhum di Hotel Ayaartta Jogja
(Haji Mochamad Ircham (paling kanan) bersama Tarwi dan Puspita saat bertemu di Jogja. Photo Courtesy : Ist/Dok Pri)

Balap Sepeda Indonesia berduka kehilangan salah satu tokohnya yang memiliki dedikasi besar untuk memajukan cabang olahraga ini. Selamat jalan H. Mochamad Irfan. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *