Indonesia Tawarkan Jadi Lokasi Peluncuran SpaceX

Indonesia Tawarkan Jadi Lokasi Peluncuran SpaceX
(Elon Musk, CEO Tesla. Photo Courtesy : Liesa Johannssen-Koppitz/Bloomberg)
Rolasnews.com – Pemerintah Indonesia mengundang SpaceX untuk mempelajari kemungkinan menjadi tempat atau lokasi peluncuran roket perusahaan transportasi luar angkasa asal Amerika Serikat tersebut.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, hari Jumat kemarin melakukan pembicaraan melalui telepon dengan CEO Tesla, Elon Musk. Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla dan komponen utama baterai listrik di Indonesia.

Selain itu, Presiden juga mengajak Musk untuk menjajaki kemungkinan Indonesia sebagai tempat peluncuran (launching pad) SpaceX.

Read More

Elon Musk menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama bernilai miliaran dolar tersebut.

Pemerintah Berkomitmen Bangun Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Bulan Oktober lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Tesla Inc. berniat membangun pabrik di Jawa Tengah.

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara dengan deposit tembaga, nikel dan timah terbesar di dunia. Khususnya nikel yang menjadi logam utama pembuatan baterai listrik, Indonesia menguasai 27 persen pasar global.

Lithium-ion ibarat jantung dari revolusi mobil listrik. Kandungan baterai lithium-ion itu, terdiri dari anoda, katoda, dan elektrolit. Nikel merupakan komponen logam yang dominan dalam komposisi baterai listrik, khususnya katoda. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.