Lukisan ‘Biru’ Marilyn Monroe Karya Andi Warhol Dilelang Rp2,9 Triliun

Lukisan ‘Biru’ Marilyn Monroe Karya Andi Warhol Dilelang Rp2,9 Triliun
(“Shot Sage Blue Marilyn” karya Andy Warhol yang bakal dilelang dengah perkiraan harga mencapai US$200 juta. Credit: Getty Images)

Rolasnews.com – Lukisan Marilyn Monroe “Shot Sage Blue Marilyn” karya Andy Warhol akan dilelang di Rumah Lelang Christie di New York, hari ini, Senin (9/5/2022). Lukisan berlatar warna biru cerah itu diperkirakan bernilai tak kurang dari US$200 juta (Rp2,9 triliun).

Jika laku terjual sesuai perkiraan harga, “Shot Sage Blue Marilyn” yang diberi keterangan tahun (pembuatan) 1964 itu akan menjadi karya seni abad ke 20 paling mahal yang pernah dijual melalui lelang. Sebelumnya, lukisan Picasso “Women of Algiers” dilelang US$179,4 juta di tahun 2015.

Read More

Rumah Lelang Christie memberi kode untuk lukisan wajah Marilyn Monroe itu “Lot 36A”.

Alex Rotter, kepala seni abad ke 20 dan ke 21 di Christie’s, menyebut lukisan itu sebagai “lukisan abad ke 20 paling signifikan yang akan dilelang dalam satu generasi”. ‘

Christie’s juga menggambarkannya sebagai “keindahan klasik ‘Venus de Milo’” serta malebelinya sebagai ‘Mona Lisa’ modern.

Baca Juga :

Komik Lawas Superman Terjual Rp 47 Milyar

Rumah Lelang tersohor itu memuji Andy Warhol yang buah tangannya menegaskan “mitos” Marilyn.

“(Karena) kemampuan unik sang seniman untuk menangkap keindahan sederhana dari seorang superstar global,” demikian pernyataan Christie’s.

Lukisan berukuran 40 x 40 inci (100 cm2) ini adalah bagian dari serangkaian potret/lukisan Marilyn Monroe setelah kematiannya yang tragis akibat overdosis obat pada 4 Agustus 1962. Seri potret/lukisan sang ikon pop abad 20 itu dikenal sebagai “Shot” setelah seorang pengunjung di studio Warhol di Manhattan menembakkan pistolnya menembus ke arah gambar-gambar tersebut. Namun kerusakan pada potret/lukisan Marilyn Monroe kemudian segera diperbaiki.

“Shot Sage Blue Marilyn” merupakan salah satu dari lebih selusin karya besar yang ditawarkan selama penjualan musim semi New York di rumah-rumah lelang terkemuka dalam beberapa minggu ke depan.

SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.