Kenali 6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Dihindari

Kenali 6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Dihindari

Rolasnews.com – Bibir kering menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang, terutama perempuan. Kondisi tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri, lipstik tidak dapat menempel dengan sempurna, dan tentu saja akan mengganggu penampilan.

Oleh karenanya Anda perlu tahu beberapa penyebab bibir kering berikut ini, sehingga kedepannya dapat dicegah.

Read More

1. Formula Lipstik yang Tidak Cocok dengan Bibir

Mungkin Anda sering mengalami bibir kering dan terasa kaku setelah menggunakan lip cream. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya kandungan di dalam lipstik yang ternyata tidak cocok dengan kondisi bibir.

Sebagai salah satu solusinya, Anda dapat mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan lipstik.

2. Sering Menjilat Bibir

Faktor kebiasaan juga dapat menyebabkan terjadinya bibir kering, salah satunya kebiasaan menjilat bibir.

Jika Anda sering kali menjilat bibir dan berpikir hal tersebut dapat membantu melembapkan bibir, ada baiknya bila Anda menghentikannya mulai sekarang. Sebab secara tak langsung menjilat bibir dapat menghilangkan kelembapan alami. Alhasil bibir akan menjadi kering dan juga pecah-pecah.

3. Sedang Kurang Sehat

Di sadari ataupun tidak, kondisi tubuh ternyata bisa mempengaruhi kelembapan bibir. Tubuh yang sedang dalam kondisi kurang sehat akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, misalnya saat Anda demam.

Salah satu solusi untuk mengatasinya Anda perlu minum air putih sebagaimana yang dianjurkan, yaitu delapan gelas sehari.

4. Kurang Minum Air Putih

Tidak hanya disebabkan oleh makeup yang tidak cocok, tetapi bibir kering juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan.

Karena itulah Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Seperti dengan minum air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Minum air putih
(Rajin mengkonsumsi minum air putih dapat menghindarkan bibir kering dan pecah-pecah. Credit: Google Image)

5. Tidak Memakai Lip Balm

Selain wajah dan tubuh, ternyata bibir juga membutuhkan perawatan yang tepat! Salah satunya dengan menggunakan pelembap bibir dari luar.

Agar bibir tetap dalam kondisi lembap, tak ada salahnya Anda menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik atau justru sebelum tidur. Jika memungkinkan, Anda juga dapat memilih produk lip balm yang mempunyai kandungan SPF sehingga bibir dapat terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Baca Juga :

Waspadai Bahan Berbahaya pada Produk Kosmetik ‘Long Lasting’

6. Mengonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Garam

Tak banyak yang menyadari jika garam bisa mengikat cairan yang terdapat dalam tubuh. Karenanya tidak heran bila tubuh mudah dehidrasi sehingga bibir terasa kering.

Untuk mencegahnya, Anda dapat membatasi konsumsi makanan yang bergaram tinggi, seperti makanan instan dan junk food. Sebagai gantinya konsumsi sayur dan buah yang cukup.

Demikianlah beberapa penyebab terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. Anda dapat menghindari beberapa penyebab ini agar bibir menjadi lebih sehat dan tetap lembap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *