Patut Dicoba, 7 Tips Menaikkan Berat Badan Saat Puasa

Patut Dicoba, 7 Tips Menaikkan Berat Badan Saat Puasa

Rolasnews.com – Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan mungkin menjadi suatu masalah dan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Terlebih di bulan Ramadhan seperti ini, dimana sebagian waktu digunakan untuk menahan makan dan minum.

Tidak ada asupan kalori yang masuk, sementara Anda harus tetap beraktivitas seperti biasa. Persediaan cadangan lemak pasti akan lebih cepat terbakar bagi Anda yang tergolong kurus. Sehingga, hal ini bisa membuat berat badan lebih cepat turun.

Read More

Untuk mensiasati hal ini, simak 7 tips cara efektif untuk menaikkan berat badan selama Ramadhan yang dilansir dari sehatq dan DubaiPT.

1. Konsumsi Makanan Tinggi ProteinMakanan tinggi kalori

Makanan tinggi protein yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka bisa menjadi cara efektif pertama untuk dilakukan. Protein merupakan asupan nutrisi untuk penambah berat badan dan meningkatkan massa otot, termasuk saat puasa.

Hal ini karena asupan kalori berlebih dari berprotein bisa diubah menjadi otot, bukan lemak. Sehingga kenaikan berat badan Anda akan menjadi lebih sehat.

2. Minum Susu Whole MilkSusu whole milk untuk tips menaikkan berat badan

Tips selanjutnya adalah meminum susu whole milk atau susu murni. Hal ini patut dicoba karena selain tinggi protein, kandungan lemak di dalam susu ini lebih tinggi dibandingkan susu jenis lainnya. Lemak dalam susu menyumbang total kalori yang lebih besar dibandingkan dengan protein. Hal ini menyebabkan asupan makanan atau minuman tinggi lemak susu bisa cepat menambah berat badan.

3. Berbuka dengan Minuman yang MengenyangkanMinuman mengenyangkan

Menambah kalori juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman yang mengenyangkan sembari makan berat. Selain susu, beberapa minuman yang kaya kalori diantaranya adalah: jus buah, milkshake, dan smoothies.

Mengkonsumsi air putih tetap harus dilakukan. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan menunggu 30 menit setelah makan. Hindari minum air putih sebelum atau saat sedang makan. Karena hal ini bisa memaksimalkan asupan kalori secara optimal, tanpa merasa terlalu kenyang.

Baca Juga :

Konsumsi 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

4. Konsumsi Karbohidrat KompleksKarbohidrat kompleks

Serat, Mineral, dan Vitamin juga bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Jenis makanan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks adalah beras merah, beras hitam, beras coklat, gandum dan quinoa. Jangan membatasi karbohidrat karena tubuh tetap memerlukan karbohidrat untuk menambah sumber energi.

5. Makan Porsi Kecil tapi SeringMakan porsi kecil tips untuk menaikkan berat badan

Waktu makan yang terbatas hanya saat sahur dan berbuka akan membuat Anda cenderung merasa lebih cepat kenyang. Namun, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda harus tetap makan, bukan malah mengurangi porsi.

Hal ini bisa Anda siasati dengan membagi porsi makan menjadi lebih kecil, tetapi mengkonsumsinya lebih sering. Sebagai contoh, Anda bisa makan ubi rebus dan susu di jam berbuka. Kemudian, makan tahu dan tempe setelah shalat Maghrib. Lalu, makan nasi dan lauknya setelah shalat tarawih, dan makan roti lapis sebelum tidur.

Cara ini cukup efektif untuk Anda coba agar berat badan ideal saat puasa lebih mudah didapat. Karena Anda selalu mendapatkan asupan kalori tanpa ada jeda yang terlalu lama.

6. OlahragaTingkatkan Imunitas Tubuh, Olahraga Benteng Kedua Setelah Prokes

Olahraga, diet yang tepat, jam tidur yang baik, dan istirahat yang cukup adalah kombinasi sempurna yang bisa membentuk tubuh impian. Jangan membatasi diri Anda untuk berolahraga walau sedang berpuasa. Karena beberapa saat setelah berolahraga, persentase massa di setiap bagian tubuh akan meningkat sebanyak 15%.

Baca Juga :

Begini Tips Pola Makan Sehat Ala Para Atlet Olimpiade

7. Mengontrol PikiranHealthy mind

Stress dan mood yang buruk memang bisa berdampak bagi berat badan. Bagi Anda yang cenderung kurus, banyak pikiran akan membuat berat badan mudah menurun. Terlebih jika tidak diimbangi asupan makanan yang porsi dan kalorinya seimbang.

Oleh sebab itu, usahakan untuk mengontrol suasana hati dan pikiran akan tetap rileks. Melakukan hal yang disukai dan menghabiskan waktu bersama orang terkasih bisa menjadi solusi untuk menenangkan hati yang buruk.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.