Sering Dianggap Gulma, Ternyata Ini 5 Khasiat Alang-Alang untuk Kesehatan

Sering Dianggap Gulma, Ternyata ini 5 Khasiat Alang-Alang Bagi Kesehatan

Rolasnews.com – Alang-alang biasanya dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Namun, tidak banyak yang tahu kalau alang-alang ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Terutama bagian akarnya.

Berikut ini 5 khasiat alang-alang untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Read More

1. Obat hipertensi

Akar alang-alang bisa digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan akar alang-alang secukupnya, kemudian direbus dan dikonsumsi secara rutin.

Zat aktif yang terdapat dalam akar alang-alang dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Kolesterol dan lemak jahat juga bisa dipecah sehingga menghindari penyebab hipertensi. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan hindari konsumsi udang, garam, dan melinjo.

2. Mengatasi keputihan

Masalah keputihan memang kerap mengganggu bagi sebagian wanita. Namun, sekarang jangan khawatir lagi karena akar alang-alang bisa mengatasi keputihan.

Cukup tambahkan bahan-bahan alami seperti daun pepaya dan juga pulasari. Kemudian, rebuslah ketiga bahan ini hingga mendidih. Selanjutnya, saring ramuan tersebut dan minumlah rebusannya secara rutin pada siang dan malam hari sebelum tidur.

3. Obat panas dalam

Khasiat akar alang-alang yang paling terkenal adalah obat alami untuk mengatasi panas dalam. Tak heran bila banyak produk minuman penghilang panas dalam memasukkan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya. Karena itu, konsumsi akar alang-alang secara rutin bisa meringankan gejala panas dalam.

Baca Juga :

6 Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

4. Obat mimisan

Hidung berdarah atau sering disebut dengan mimisan bisa dihentikan dengan akar alang-alang.

Caranya cukup mudah. Cukup cuci bersih akar alang-alang, kemudian tumbuk hingga memar dan berair. Setelah itu peras hingga hanya tersisa airnya. Kemudian minumlah air sari dari akar alang-alang tersebut secara rutin.

5. Asma

Manfaat akar alang-alang yang terakhir adalah khasiatnya untuk mengobati asma.

Caranya cukup mudah. Cukup ambil 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, 50 gram kencur. Kemudian rebus dalam 200 ml air, hingga tersisa 100 mL. Lalu, saring ramuan ini dan minumlah secara rutin. Selain mengkonsumsi herbal alang-alang ini, Anda juga perlu menghindari pantangan asma agar proses pemulihan bisa lebih cepat.

Itulah lima khasiat alang-alang untuk kesehatan tubuh. Semoga membantu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.