Sosialisasi Empat Pilar, Basarah Ajak Wartawan Tak Lupakan Sejarah

  • Whatsapp
Sosialisasi Empat Pilar, Basarah Ajak Wartawan Tak Lupakan Sejarah
(Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah, di pembukaan UKW Malang Raya, Jumat (17/9). Credit: Ist)

Rolasnews.com – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Dr Ahmad Basarah, meminta agar para wartawan jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah (Jas merah). Terlebih, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibentuk dalam rangka mempertahankan dan merebut Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurutnya, PWI mempunyai tugas untuk melanjutkan tinggalan-tinggalan tugas ataupun sejarah.

Read More

“Pers diharapkan tidak pasif dan harus proaktif dalam menjaga NKRI dari tantangan dan ancaman kebangsaan kontemporer,” ujarnya saat menyampaikan sosialisasi empat pilar MPR dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Malang Raya, di IKIP Budi Utomo, Jumat (17/9).

Basarah juga mengajak para wartawan dan industri media masa untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat di tengah perkembangan industri informasi digital saat ini. Karenanya uji kompetensi ini menjadi kunci untuk menjaga kualitas dan kompetensi para jurnalis.

“Dengan standart kompetensi yang memadai dapat dijadikan tolok ukur profesionalitas wartawan. Apalagi saat ini setiap orang bisa menjadi wartawan sendiri, dengan menyampaikan informasi yang perspektifnya sendiri, lewat YouTube misalnya. Tapi informasi itu belum tentu dapat dipertanggung jawabkan,” ucapnya.

Selain itu PWI juga diharapkan bisa berperan menjadi lembaga pers yang proporsional.  Dalam hal ini, media berperan sebagai media informatif pendidikan, sosial maupun sebagai media kontrol, tuturnya.

Cahyono, Ketua PWI Malang Raya
(Ketua PWI Malang Raya, Cahyono. Credit: Ist)

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, dalam UKW kali ini total ada 72 pendaftar yang akan dilakukan dengan dua gelombang.

“Pada gelombang pertama diikuti oleh 48 wartawan dari Malang Raya, dan akan dilakukan dalam dua sesi, yakni di tanggal 17-18 September 2021 dan 20-21 September 2021. Sisanya akan kami ikutkan dalam UKW di Bulan Desember mendatang,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *