7 Ribu Ayunan Langkah Setiap Hari Kurangi Resiko Penyakit Mematikan

  • Whatsapp
7 Ribu Ayunan Langkah Setiap Hari Kurangi Resiko Penyakit Mematikan
(Aktif bergerak, termasuk rutin berjalan kaki, sangat direkomendasikan agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit mematikan. Credit: Getty Images)

Rolasnews.com – Rutin berjalan kaki setidaknya 7.000 ayunan langkah per hari memiliki resiko kematian yang disebabkan penyakit mematikan lebih rendah 50% hingga 70% dibandingkan mereka yang malas bergerak.

Demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open akhir pekan kemarin.

Read More

Penelitian yang dipimpin oleh Amanda Paluch tersebut menyebutkan bahwa dalam 11 tahun pengamatan intesif terhadap warga kulit hitam dan putih di Amerika Serikat, teratur berjalan kaki selain menjaga berat badan tetap proporsional juga menjaga kesehatan mental.

Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa melangkah lebih cepat bukan berarti lebih baik. Yang lebih penting adalah intensitas serta jumlah langkah per menitnya.

“Ayunan langkah kaki per hari adalah metrik yang sederhana dan mudah dipantau. Dan semakin banyak langkah/hari mungkin merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan,” ujar Paluch.

“7000 langkah setiap hari bisa jadi bukan hal yang mudah bagi sebagian orang untuk melakukannya,” lanjut asisten profesor di Universitas Massachusetts di departemen kinesiologi tersebut.

Meski demikian, Paluch menambahkan, dalam penelitian yang mereka dalami menunjukkan banyaknya langkah kaki yang rutin dilakukan berkaitan dengan menurunnya resiko kematian secara bertahap hingga pada tingkatan ideal, yakni 10 ribu ayunan langkah kaki/hari.

Temuan ini mendapat respon positif dari pakar kesehatan lainnya.

“Ini adalah pesan bagus. Hidup lebih lama dengan lebih banyak berjalan kaki,” kata Dr. Guy Mintz, direktur kesehatan kardiovaskular di Rumah Sakit Jantung Sandra Atlas Bass di Manhasset, New York.

“Tak perlu repot-repot berlatih di gim atau beli peralatan mahal-mahal. Cukup perbanyak berjalan kaki saja,” ujarnya.

Memang, penelitian ini tidak serta merta menyebut berjalan kaki dengan ribuan langkah otomatis akan membuat orang terhindar dari resiko kematian dini.

“Tetapi olahraga teratur dapat mengurangi resiko kardiovaskular dengan memperbaiki tekanan darah, mengurangi kolesterol, memperbaiki hiperglikemia pada penderita diabetes, dan berperan menurunkan berat badan,” terang Dr. Mintz.

Baca Juga :

Nggowes Cegah Kanker dan Serangan Jantung

Soal keterkaitan jumlah ayunan langkah kaki dengan kesehatan, Dr. Michael Massoomi punya pendapat sendiri. Dr. Massoomi adalah asisten profesor kedokteran klinis di divisi kardiologi di Universitas Florida, yang sudah lama meneliti penghitungan langkah.

Pedometer
(Aplikasi pedometer)

Menurutnya, tidak ada patokan angka ideal untuk semua orang.

“Daripada fokus pada 10 ribu langkah per hari, seperti yang banyak disarankan, usahakan saja yang Anda lakukan hari ini lebih baik dari kemarin. Jika Anda sebelumnya mampu melangkah 5.000 sehari, cobalah untuk meningkatkannya menjadi 6.000 langkah dalam beberapa minggu ke depan,” ujarnya.

Dengan kata lain, tambahkan durasi berjalan kaki menjadi 20 menit dari rutinitas sebelumnya.

“Anda juga tidak perlu membeli alat yang mahal hanya untuk membantu menghitung langkah. Ada banyak aplikasi gratis di smartphone yang bekerja sangat baik (menghitung langkah, red),” jelas Dr. Massoomi. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *