Sepertiga Spesies Pohon Liar di Ambang Kepunahan

Sepertiga Spesies Pohon Liar di Ambang Kepunahan
(Pohon Baobab di Madagaskar termasuk yang terancam punah. Credit: Shutterstock)
Rolasnews.com – Tiga puluh persen atau mendekati sepertiga dari hampir 60 ribu spesies pohon yang hidup di alam liar, terancam punah. Sebagian bahkan sudah lenyap dari muka bumi. Demikian penelitian Botanic Gardens Conservation International yang dirilis pada awal bulan ini.

“Melalui Global Tree Assessment, penelitian secara intensif telah dilakukan selama lima tahun terakhir untuk mengumpulkan informasi mengenai resiko kepunahan dari 58.497 spesies pohon di seluruh dunia. Kita sekarang mengetahui bahwa 30% spesies pohon terancam punah. Setidaknya, 142 spesies di antaranya tercatat sudah tak ada lagi di alam liar,” rilis badan amal untuk konservasi tersebut.

Dalam laporan berjudul “State of the World Trees”, terungkap sejumlah ancaman utama terhadap hilangnya ribuan spesies pohon liar adalah penggundulan hutan, perluasan lahan pertanian dan peternakan, penyebaran hama dan penyakit invasif, serta perubahan iklim.

Read More

“Spesies paling terancam punah ditemukan di (wilayah) tropis Afrika, termasuk Madagaskar yang merupakan salah satu negara dengan tingkat ancaman kepunahan pohon tertinggi di dunia,” lanjut rilis penelitian tersebut.

Selain Madagaskar, dua tempat lain yang spesies pohon-pohonnya paling terancam adalah Mauritius dan Saint Helena.

Baca Juga :

TNBTS Tak Sekedar Destinasi Wisata

Dengan lebih dari dua pertiga spesies tercatat berada setidaknya di satu kawasan hutan lindung serta sepertiga berada di kebun raya atau bank benih, para peneliti mendesak upaya lebih keras untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Juga diserukan untuk memfasilitasi pengembangan serta penelitian dari para pakar demi menyelamatkan spesies pohon-pohon liar dari ancaman kepunahan. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *