Berharap Kebal Covid, Seorang Pria Divaksin 5 Kali

Berharap Kebal Covid, Seorang Pria Divaksin 5 Kali
(Vaksinasi COVID-19 di Brazil. Credit: Reuters)
Rolasnews.com – Otoritas kesehatan di Rio de Janeiro, Brazil, saat ini tengah menyelidiki sebuah kasus yang boleh dibilang sangat tak lazim. Betapa tidak, ada seorang warganya yang diam-diam menerima paling tidak lima dosis vaksin dari tiga jenis vaksin COVID-19 hanya dalam rentang waktu 10 minggu. Alasan si pria divaksin berkali-kali adalah untuk memastikan dirinya betul-betul kebal covid.

Menurut catatan resmi, pria yang tak disebutkan namanya itu mulai menerima vaksin COVID-19 pada Mei. Kemudian ia terus berburu vaksinasi hingga akhirnya ketahuan oleh staf di tempat vaksinasi tanggal 16 Agustus lalu ketika hendak mendapatkan vaksin lagi.

Laporan yang diterima media Brazil mengungkapkan bahwa pria itu mendapat dosis Pfizer pertamanya pada 12 Mei, dosis kedua AstraZeneca pada 5 Juni, dosis pertama Coronavac pada 17 Juni, dosis kedua Pfizer pada 9 Juli, dan dosis kedua Coronavac pada 21 Juli.

Read More

Sayangnya tak dijelaskan vaksin jenis apa atau dosis keberapa yang diharapkannya dari upaya untuk mendapatkan vaksinasi keenamnya bulan ini. Yang pasti, petugas medis menolak memberikan vaksinasi lagi kepadanya.

Awalnya, pihak kesehatan setempat meyakini catatan vaksinasi COVID-19 si pria yang membingungkan ini hanyalah kesalahan platform online semata. Namun Globo melaporkan bahwa investigasi awal oleh Departemen Kesehatan Kota Rio de Janeiro menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan aplikasi pendaftaran vaksin bagi warganya.

Parahnya lagi, catatan dosis “pertama” atau “kedua” hanya menunjukkan informasi lisan yang diberikan si pria kepada petugas medis ketika ia tiba di tempat vaksinasi. Tak ada informasi lain untuk mengetahui apakah ia benar-benar sudah disuntik dosis pertama sebelum mendapatkan yang kedua.

“Kasus ini sedang diselidiki untuk mengindentifikasi apakah itu disebabkan oleh kesalahan pendataan dosis-dosis vaksin yang telah diterima pria tersebut dalam sistem, atau murni karena “kecerobohan” lainnya,” demikian pernyataan resmi Departemen Kesehatan Kota Rio.

Warga Brazil protes minta divaksin
(Banyak warga Brazil yang protes karena tak kunjung mendapatkan vaksinasi COVID-19. Credit: AP Photo)

Baca Juga :

Alasan Sama-Sama di Garis Depan, Pelacur Brazil Minta Segera Divaksin

Kabar seseorang divaksin berkali-kali agar kebal covid ini ironisnya muncul di tengah kesulitan Pemerintah Brazil mencukupi kebutuhan vaksin bagi seluruh warganya. Jutaan orang di negeri samba itu saat ini masih menunggu giliran mendapatkan vaksinasi dosis pertama mereka.

Sebelumnya, dilaporkan ada juga sejumlah orang yang divaksin tiga kali. Tetapi baru kali ini ada berita seseorang mendapat vaksinasi lima kali dari tiga jenis vaksin yang berbeda. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *