Menkeu: BI akan Beli SBN Senilai Rp 439 Triliun

Menkeu: BI akan Beli SBN Senilai Rp 439 Triliun
(Menteri Keuangan Sri Mulyani. Credit: Youtube/Kemenkeu RI)

Rolasnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Bank Indonesia (BI) akan membeli Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp 439 triliun di pasar perdana dan private placement. Menkeu menjelaskan, pemerintah dan BI menyepakati mekanisme burden sharing (berbagi beban) yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) III.

“SKB III ini adopsi prinsip-prinsip kita menjaga antara BI dan pemerintah, yaitu kami masing-masing jaga fiskal dan moneter tetap kredibel jaga perekonomian. Dari sisi APBN, fiskal space dan sustainable dalam jangka menengah jadi penting,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (24/8)

Read More
Link Banner

Menkeu menambahkan, BI juga akan tetap menjaga inflasi dan nilai tukar rupiah tetap stabil dan terkendali.

“Kami sama-sama lihat kesinambungan dari pemerintah APBN dan dari BI neraca keuangan BI. Ini syarat penting agar pembangunan ekonomi tetap berjalan sustainable (berkelanjutan),” imbuh Sri Mulyani.

Kedua institusi tetap menjaga independensi dalam mengeluarkan kebijakan. Berbagi beban hanya merupakan konsep untuk saling bekerja sama dalam pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19. Salah satunya memastikan pembiayaan untuk kebutuhan belanja bisa terpenuhi.

“Keputusan bersama ini menyangkut skema dan koordinasi pemerintah dan BI dalam rangka pembiayaan penanganan kesehatan dan kemanusiaan,” kata Sri Mulyani. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *