Kris Wu Resmi Ditahan Kejaksaan China Atas Tuduhan Pemerkosaan

  • Whatsapp
Kris Wu Resmi Ditahan Kejaksaan China Atas Tuduhan Pemerkosaan
(Kris Wu. Credit: Soompi)

Rolasnews.com – Kris Wu eks member EXO-M resmi ditahan oleh kejaksaan China setelah terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap gadis di bawah umur.

Melansir Soompi, Selasa (17/8), Jaksa Distrik Chaoyang, Beijing mengungkapkan bahwa Kris Wu ditangkap karena diduga kuat terbukti menjadi pelaku pemerkosaan.

Read More

“Idol China-Kanada, Kris Wu Yi Fan ditangkap karena dicurigai melakukan tindakan perkosaan,“ kata Jaksa melalui pernyataan resmi.

Sebelum diserahkan ke kejaksaan, Kris Wu telah ditangkap oleh kepolisian Beijing pada 31 Juli 2021 lalu.

Kasus ini berawal dari pengakuan seoramg gadis bernama Du Meizhu yang mengatakan bahwa penyanyi itu telah melakukan pelecehan seksual pada banyak gadis di bawah umur termasuk dirinya.

Kris Wu sempat membantah tuduhan itu dan sesumbar akan menyerahkan diri ke polisi jika semua tuduhan itu benar.

Sementara penyelidikan sedang berlangsung, orang lain yang mengaku sebagai korban pelecehan seksual olehnya muncul di Amerika Serikat.

Pada 11 Agustus, situs berita China yang berbasis di AS, The China Press melaporkan bahwa seorang wanita keturunan China yang tinggal di Los Angeles, baru-baru ini mengunjungi pengacara Jing Wang untuk meminta dukungan hukum, dan mengaku telah dilecehkan secara seksual oleh Kris Wu  beberapa tahun lalu.

Wanita itu mengatakan ia bertemu aktor kelahiran Guangzhou, China, itu saat fanmeeting di Los Angeles dan bertukar ID WeChat dengannya. Si wanita diduga mengalami pelecehan seksual setelah bertemu untuk yang kedua kalinya.

Baca Juga :

Kasus Obat Tidur Ilegal, Jaksa Penuntut Tak Akan Lanjutkan Tuntutan Pada BoA dan Staf

Kris Wu memulai debutnya melalui EXO pada tahun 2012, tetapi karena kontraknya dengan SM Entertainment bermasalah ia meninggalkan grup pada tahun 2014.

Setelah arbitrase di pengadilan, SM Entertainment dan Kris Wu mencapai kesepakatan  di mana kontraknya dengan SM Entertainment akan tetap berlaku hingga 2022, sesuai dengan kontrak awalnya.

Akibat kasus yang menjeratnya ini, karirnya pun terancam hancur. Beberapa brand yang telah menunjuk Kris Wu sebagai model mereka dengan cepat memutuskan hubungan dengannya, dan akun media sosial resminya dihapus setelah penahanannya.

Kris Wu digelandang aparat China
(Kris Wu saat digelandang aparat China atas dugaan tindak pemerkosaan. Credit: VCG)

Lagu-lagu karya nya juga telah dihapus dari berbagai platform musik di China. Nama Kris Wu bahkan telah diblokir sepenuhnya dari situs pencarian China. Pemblokiran seperti ini akan menajdi sejarah baru di dunia hiburan China. Pasalnya hal semacam ini belum pernah terjadi pada artis mana pun di negara itu.

Pihak berwenang memastikan proses hukum akan sesuai dengan aturan yang berlaku sekalipun Kris Wu berwarga negara Kanada.

Seorang pengacara di China mengatakan dengan kasus yang dialaminya saat ini, penyanyi berusia 30 tahun itu tak hanya menghadapi tuntutan denda dari para sponsor yang membatakan kontraknya. Tetapi ia juga terancam hukuman 10 tahun penjara atau seumur hidup. (AZP)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *