Universitas Brawijaya Buka Kegiatan PKKMB di Hari Kemerdekaan RI

Universitas Brawijaya Buka Kegiatan PKKMB di Hari Kemerdekaan RI
(Rektor UB memberikan sambutan saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (17/8). Credit: Ist)

Rolasnews.com – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Universitas Brawijaya kembali menggelar upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UB untuk menyambut mahasiswa baru. Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan serangkaian kegiatan PKKMB dilaksanakan secara online yang diikuti oleh 15.563 maba dari jenjang S1 dan Diploma.

Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani mengatakan karena masih dalam suasana pandemi, PKKMB kembali harus dilakukan secara daring. Namun demikian ia berharap maba peserta PKKMB bisa tetap semangat untuk mengenal kampusnya.

Read More
Link Banner

“Kegiatan PKKMB ini diadakan untuk mengenalkan kehidupan kampus sebelum mahasiswa baru menjalani perkuliahan. Jadi kami berharap para maba bisa tetap semangat dan antusias untuk mengikuti semua rangkaian PKKMB meskipun dilaksanakan secara daring,” ucapnya, Selasa (17/8).

Kepada para mahasiswa baru, Nuhfil memperkenalkan jajarannya meliputi para wakil rektor dan dekan. Masing-masing dipanggil maju untuk diperkenalkan kepada mahasiswa. Selain itu Rektor UB juga menjelaskan berbagai raihan prestasi UB baik skala nasional maupun internasional.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Abdul Hakim menjelaskan, pelaksanaan PKKMB Universitas dilaksanakan selama dua hari 18-19/8/2021, yang kemudian dilanjutkan PKKMB Fakultas pada tanggal 20-22/8/2021.

“Pada PKKMB tahun ini, UB menghadirkan 4 penceramah dari nasional yang akan menyampaikan materinya secara daring. Mereka berasal dari Kementerian Pertahanan yang akan menyampaikan tentang bela negara. Kemudian Kemenkominfo tentang bijak dalam penggunaan media sosial. Dari BNPT tentang Terorisme dan Radikalisma, serta dari BNN Pusat tentang Penyalahgunaan Narkotika,” terangnya.

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UB via daring
(Rektor bersama jajaran saat melakukan prescon dengan awak media melalui zoom. Credit: Ist)

Baca Juga :

Saluran TV BNPT, Upaya Soft Power Cegah Radikalisme di Dunia Maya

Sementara itu menurutnya, guna memastikan semua panitia PKKMB dalam kondisi sehat saat melaksanakan tugasnya, pada H-1 sebelum acara dilaksanakan, semua panitia yang terlibat wajib mengikuti swab antigen.

“Dari hasil tes swab tersebut hanya satu orang yang reaktif. Jadi kita tidak ijinkan dia untuk menjadi panitia dan digantikan dengan panitia cadangan,” sebutnya.

Dikatakan, seluruh rangkaian PKKMB Online ini dapat diikuti melalui live streaming pada youtube Universitas Brawijaya dan UBTV yang diintegrasikan dengan platform zoom meeting dan google classroom.

Maba UB pada tahun ini terbagi menjadi 64 klaster, dengan masing-masing klaster diisi oleh 250 mahasiswa. Selain itu, panitia operator yang menangani sebanyak 80 orang dengan rincian 64 orang menggunakan google classroom, dan 16 lainnya menggunakan zoom. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *