Akhir Tahun 2021, Kamera Nikon Tak Lagi Diproduksi di Jepang

  • Whatsapp
Akhir Tahun 2021, Kamera Nikon Tak Lagi Diproduksi di Jepang
(Nikon D6. Dalam waktu dekat, kamera DLSR untuk para fotografer profesional itu tak lagi diproduksi di Jepang. Photo Courtesy : Nikon)
Rolasnews.com – Nikon Corp. mengumumkan akan mengakhiri produksi bodi kameranya di Jepang pada akhir tahun ini. Menurut para petinggi perusahaan, penghentian produksi kamera Nikon terpaksa dilakukan karena pasar kamera digital menyusut tajam. Kalah bersaing dengan smartphone yang fungsi kameranya semakin canggih, bahkan lebih baik dari kamera konvensional.

Dikutip dari Kyodo News, sebagai bagian dari reformasi struktural, perusahaan raksasa kamera tersebut akan memindahkan tempat produksinya di Prefektur Miyagi, satu-satunya tempat pembuatan kamera di Jepang yang tersisa, ke pabrik utamanya di Thailand.

“Meski dibuat di luar negeri, tapi kualiltas produksinya tetap akan dijaga,” kata salah seorang pejabat perusahaan.

Read More

Bersama dengan Canon Inc., Nikon menguasai sebagian besar pangsa pasar kamera dunia sejak awal peluncuran produk pertamanya di tahun 1948.

Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan harus menghadapi persaingan yang kian ketat, khususnya dari produsen-produsen smartphone yang terus menerus meng-upgrade kecanggihan fitur kameranya.

Baca Juga :

Demand Tinggi Selama Pandemi, Sony Genjot Produksi PS5

Dalam laporan keuangan tahunan pada Maret lalu, Nikon mencatat kerugian terbesarnya, yakni sebesar 34,4 miliar yen atau US$ 314 juta.

Di dalam negeri Nikon hanya memproduksi model D6, kamera digital refleks lensa tunggal (DLSR) yang dikenal sebagai model termutakhir dengan target pasar para fotografer profesional. Pabrik kamera Nikon yang harganya dibanderol kisaran Rp 90 juta – Rp 100 juta itu berlokasi di Natori, Prefektur Miyagi, timur laut Jepang.

Kendati nanti tak lagi dibuat di Jepang, perusahaan menyatakan akan tetap mempertahankan para pekerja yang ada untuk melanjutkan produksi beberapa bagian kamera. Sebagian pekerja juga akan dipindahtugaskan ke sektor pengembangan seperti perawatan dan sensor.

Nikon juga berencana menutup dua pabriknya di Prefektur Yamagata dan Fukushima yang sama dengan Miyagi, berada di kawasan timur laut Jepang. Kedua pabrik tersebut selama ini memproduksi suku cadang lensa yang dapat dilepas untuk kamera digital. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *