Demand Tinggi Selama Pandemi, Sony Genjot Produksi PS5

  • Whatsapp
Demand Tinggi Selama Pandemi, Sony Genjot Produksi PS5
(PS5. Foto : Sony)
Rolasnews.com – Pandemi tak melulu buruk bagi bisnis. Produsen alat elektronik serta perusahaan pembuat game raksasa, Sony, dikabarkan berencana menggenjot produksi konsol game PlayStation 5 (PS5). Peningkatan produksi PS5 ini dilakukan seiring dengan meningkatnya demand akan hiburan di rumah selama masa pandemi Corona.

Menjelang peluncurannya di awal musim dingin mendatang, Sony mengumumkan akan menggenjot produksi PS5 hingga 10 juta unit atau naik dua kali lipat.

Sebelumnya, perusahaan asal Jepang itu menargetkan memproduksi 5 hingga 6 juta unit pada akhir Maret 2021. Namun kekhawatiran akan gelombang kedua pandemi COVID-19 yang memaksa orang-orang harus lebih lama tinggal di rumah, berimbas pada meningkatnya demand atau permintaan pada apa saja yang dapat membunuh kejenuhan, termasuk konsol game seperti PS5.

Read More

Karena itu Sony ngebut produksi PS5 lebih cepat dari jadwal semula.

Dilansir dari Bloomberg, Sony memulai produksi massal PS5 pada bulan Juni ini dan menargetkan dapat memproduksi 5 juta unit pada akhir September nanti. Sementara 5 juta sisanya akan diproduksi antara Oktober hingga Desember tahun ini.

Dua versi konsol baru PlayStation 5 diumumkan online awal pekan in, yakni PS5 standar dan Edisi Digital yang tanpa drive disk.

Sony juga memamerkan kepada para penggemar keunggulan PS5 dibanding generasi sebelumnya seperti kontrol haptik (sensasi getar) yang lebih canggih, kamera HD, headset nirkabel 3D, remote media serta dual charging station.

Meski demikian, perusahaan elektronik asal Jepang itu bakal menghadapi persoalan terkait logistik dan distribusi untuk menempatkan produk PS5 di rak-rak supermarket atau toko mainan. Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengirimkan konsol game PS5, yang sebagian besar dibuat di China, melalui jalur laut ke seluruh dunia, khususnya ke Amerika Serikat dan Eropa yang menjadi pasar utamanya. Sementara di sisi lain, pandemi COVID-19 mengurangi secara drastis aktivitas global pengiriman barang. Hal inilah yang diperkirakan akan menekan pendistribusian konsol game tersebut.

Hingga kini belum ada pemberitahuan spesifik kapan dan berapa harga untuk perangkat game termutakhir tersebut.

PS5 Jauh Lebih Canggih
(PS5 digadang-gadang memiliki kontrol haptik dan berbagai fitur lain yang jauh lebih canggih dari generasi pendahulunya. Foto : The Verge)

Pendapatan Google Menurun Signifikan di Masa Pandemi

Untuk diketahui, produksi PS5 berjarak 7 tahun dengan PS4 yang diluncurkan November 2013. Sony optimis penjualan produk game terbaru ini akan jauh melampaui rekor PS4 yang terjual 4,2 juta unit di akhir tahun 2013.

PS5 diperkirakan akan bersaing ketat dengan konsol Xbox series X terbaru milik Microsoft. Xbox series X sendiri akan diluncurkan pada waktu yang nyaris bersamaan dengan PS5. (TON/Bloomberg)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *